Rizky, Tri Avia (2024) Pemertahanan Bahasa Èngghi Bhunten pada Interaksi Siswa dan Guru di MTs Az-Zubair Tlanakan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN TRI.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN TRI.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (436kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (619kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text
KEASLIAN TRI.pdf Download (186kB) |
Abstract
Kata Kunci : (Pemertahanan Bahasa, Bahasa Èngghi Bhunten, Siswa dan Guru, MTs Az-Zubair) Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya ketertarikan peneliti mengenai pemertahanan bahasa yang terjadi pada interaksi siswa dan guru di MTs Az-Zubair Tlanakan Pamekasan. Penggunaan bahasa èngghi bhunten sudah mengalami penurunan, sehingga perlu adanya pemertahanan bahasa èngghi bhunten dalam komunikasi sehari-hari. Dengan adanya pemertahanan bahasa èngghi bhunten yang terjadi pada interaksi siswa dan guru di MTs Az-Zubair Tlanakan Pamekasan berpengaruh dalam melestarikan bahasa Madura khususnya pada tingkatan bahasa èngghi bhunten. Berdasarkan hal tersebut terdapat dua permasalahan pada penelitian ini. Pertama, bagaimana pola pemertahanan bahasa èngghi bhunten pada interaksi siswa dan guru di MTs Az-Zubair Tlanakan Pamekasan? Kedua, apa saja faktor yang mempengaruhi pemertahanan bahasa èngghi bhunten pada interaksi siswa dan guru di MTs Az-Zubair Tlanakan Pamekasan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri siswa dan guru MTs Az-Zubair Tlanakan Pamekasan, yang diperoleh dengan menggunakan metode simak yaitu teknik simak libat cakap dan metode cakap semuka. Tahap analisis data yang digunakan yaitu identifikasi data, klasifikasi data, penafsiran data, deskripsi data, serta pengecekan keabsahan data dengan dilakukan melalui triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, terdapat dua pola pemertahanan bahasa èngghi bhunten pada interaksi siswa dan guru di MTs Az�Zubair Tlanakan Pamekasan, yaitu pola hubungan siswa dengan guru dan pola hubungan guru dengan siswa. Pada pola hubungan siswa dengan guru ditemukan 5 data serta ditemukan pemertahanan penuh dan sikap bahasa yang baik terhadap bahasa èngghi bhunten. Sedangkan pada pola hubungan guru dengan siswa ditemukan 9 data serta ditemukan penggunaan bahasa èngghi enten lebih banyak digunakan oleh guru, dan ditemukan juga peristiwa bahasa yang dilakukan oleh guru diantaranya campur kode penyisipan unsur bahasa Indonesia kedalam bahasa èngghi enten, dan ahli kode peralihan klausa bahasa èngghi enten ke klausa bahasa Indonesia. Kedua, pemertahanan bahasa èngghi bhunten pada interaksi siswa dan guru di MTs Az-Zubair Tlanakan Pamekasan dipengarungi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu: 1). Lingkungan penutur, 2). Loyalitas bahasa, 3). Pendidikan, dan 4). Kebanggaan bahasa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 01:07 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 01:07 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7945 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |