Keterampilan Menulis Teks Puisi Menggunakan Sugesti Imajinasi terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi pada Siswa Kelas X SMK Nurul Muttaqin

Khitam, Khusnul (2024) Keterampilan Menulis Teks Puisi Menggunakan Sugesti Imajinasi terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi pada Siswa Kelas X SMK Nurul Muttaqin. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
KHUSNUL KHITAM_20381071067_SAMPUL_TBIN.pdf

Download (99kB)
[img] Text
KHUSNUL KHITAM_20381071067_HALAMAN PERSETUJUAN_TBIN.pdf

Download (89kB)
[img] Text
KHUSNUL kHITAM_20381071067_HALAMAN PENGESAHAN_TBIN.pdf

Download (51kB)
[img] Text
KHUSNUL KHITAM_20381071067_ABSTRAK_TBIN.pdf

Download (110kB)
[img] Text
KHUSNUL KHITAM_20381071067_DAFTAR ISI_TBIN.pdf

Download (10kB)
[img] Text
KHUSNUL KHITAM_20381071067_BAB I_TBIN.pdf

Download (399kB)
[img] Text
KHUSNUL KHITAM_20381071067_BAB II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
KHUSNUL KHITAM_20381071067_BAB III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
KHUSNUL KHITAM_20381071067_BAB IV_TBIN.pdf

Download (358kB)
[img] Text
KHUSNUL KHITAM_20381071067_BAB V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text
KHUSNUL KHITAM_20381071067_DAFTAR RUJUKAN_TBIN.pdf

Download (15kB)
[img] Text
KHUSNUL KHITAM_20381071067_KEASLIAN TULISAN_TBIN.pdf

Download (65kB)

Abstract

Kata Kunci : Metode Sugesti Imajinasi, Keterampilan Menulis Teks Puisi Pembelajaran materi keterampilan menulis teks puisi siswa kelas X SMK Nurul Muttaqin menggunakan metode sugesti imajinasi karena dengan adanya metode tersebut dapat mendorong siswa untuk aktif dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan guru ketika pembelajaran dimulai. Berdasarkan hal tersebut, terdapat dua fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: Pertama, bagaimana penerapan metode sugesti imajinasi terhadap keterampilan menulis teks puisi pada siswa kelas X SMK Nurul Muttaqin? Kedua, apa faktor penghambat dan pendukung penerapan metode sugesti imajinasi terhadap keterampilan menulis teks puisi pada siswa kelas X SMK Nurul Muttaqin? Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah Guru dan Siswa kelas X. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Penerapan Metode Sugesti Imajinasi dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Puisi pada Siswa X SMK Nurul Muttaqin yakni sebelum melaksanakan proses pembelajaran guru menyiapkan modul ajar dan memilih media yang sesuai dengan pembelajaran dan menyiapkan materi yang akan diajarkan kepada siswa. Setelah itu baru guru melaksanakan proses pembelajaran. Pertama kegiatan pendahuluan seperti guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan doa serta menanyakan bagaimana kabar siswa. Dilanjutkan menyampaikan capain pembelajaan dan tujuan belajar. Melaksanakan kegiatan inti, dalam kegiatan inti guru menjelaskan materi yang terdapat dibuku paket bahasa Indonesia. Guru memberikan contoh adaptasi pembelajaran keterampilan menulis teks puisi berdasarkan lagu. Melakukan kegiatan penutup guru mata pelajaran bahasa Indonesia mengevaluasi karya siswa dengan menilainya dan menyimpulkan hasil pembelajaran, selanjutnya memberi pesan dan motivasi dengan diakhiri doa bersama. Dalam Penerapan Metode Sugesti Imajinasi Terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Pada Siswa Kelas X SMK Nurul Muttaqin ada faktor penghambat diataranya: 1. Siswa kebanyakan berpindah�pindah tempat pada saat pembelajaran, 2. siswa kebanyakan berbicara sendiri pada saat diskusi kelompok, 3. Siswa yang memiliki gangguan pendengaran frekuensi rendah. Sedangkan faktor pendukung dalam proses penerapan metode sugesti imajinasi terhadap keterampilan menulis teks puisi: 1. Meningkatkan kualitas pendidikan dan kualitas belajar siswa dalam menulis puisi, 2. Guru memberi gambaran awal atau contoh membuat puisi yang tidak ada di buku paket yang sesuai dengan lagu yang didengarkan, 3. Siswa lebih leluasa dalam mencari kata – kata untuk menciptakan berbagai gaya dalam menulis puisi yang dapat menyampaikan perasaan dan pikiran secara spontan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 18 Feb 2025 01:58
Last Modified: 18 Feb 2025 01:58
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7976

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item