Penerapan Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Menulis Cerita Fabel di Kelas VII SMPN 1 Omben

Qolbi, Latifatul (2024) Penerapan Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Menulis Cerita Fabel di Kelas VII SMPN 1 Omben. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
LATIFATUL QOLBI-19381072122-SAMPUL-TBIN.pdf

Download (288kB)
[img] Text
LATIFATUL QOLBI -19381072122 -HALAMAN PERSETUJUAN -TBIN.pdf

Download (142kB)
[img] Text
LATIFATUL QOLBI -19381072122- HALAMAN PENGESAHAN- TBIN.pdf

Download (235kB)
[img] Text
LATIFATUL QOLBI-19381072122-ABSTRAK-TBIN.pdf

Download (271kB)
[img] Text
LATIFATUL QOLBI-19381072122-DAFTAR ISI-TBIN.pdf

Download (184kB)
[img] Text
LATIFATUL QOLBI-19381072122-BAB I-TBIN.pdf

Download (425kB)
[img] Text
LATIFATUL QOLBI-19381072122-BAB II-TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text
LATIFATUL QOLBI-19381072122-BAB III-TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
LATIFATUL QOLBI-19381072122-BAB IV-TBIN.pdf

Download (485kB)
[img] Text
LATIFATUL QOLBI-19381072122-BAB V-TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
LATIFATUL QOLBI-19381072122-DAFTAR RUJUKAN-TBIN.pdf

Download (366kB)
[img] Text
LATIFATUL QOLBI- 19381072122- KEASLIAN TULISAN- TBIN.pdf

Download (237kB)

Abstract

Kata Kunci: Penerapan, Project Based Learning (PJBL), cerita fabel. Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran kelas atau pembelajaran.Model pembelajaran harus sesuai dengan bahan pelajaran yang diterapkan menurut keahlian khusus, karena tidak semua model pembelajaran dapat diterapkan dan digunakan untuk menyampaikan bahan pelajaran bagi peserta didik. Bisa saja terjadi suatu tujuan pengajaran gagal tercapai hanya karena memakai model pembelajaran yang tidak sesuai dengan bahan pelajaran yang berlaku. Berdasarkan pengamatan langsung juga proses Angket dan pertanyaan oleh peneliti di Kelas VII SMPN 1 Omben selama ini guru dalam menyampaikan materi pelajaran paling banyak menggunakan metode caramah. Adapun metode ceramah yaitu guru menerangkan materi pelajaran dengan lisan, sedangkan peserta didik mendengarkan, mencatat uraian dari guru. Hal ini bertentangan dengan prinsip belajar yakni pelajar harus aktif. Dengan kebiasaan peserta didik yang hanya mendengar, mencatat, maka peserta didik akan kurang bisa untuk mengemukakan pendapat, bekerja secara kelompok Oleh sebab itu penelitian kali ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran Menulis Cerita Fabel di Kelas VII SMPN 1 Omben yang dilakukan oleh Guru Bahasa Indonesia di SMPN 1 Omben. Penelitian ini terdiri dari tiga rumusan masalah: pertama, proses pembelajaran dalam penerapan model PJBL dalam pembelajaran menulis cerita fabel?; kedua, respon siswa dalam penerapan model PJBL?; dan ketiga, minat belajar siswa setelah penerapan model PJBL dalam pembelajaran menulis cerita fabel di kelas VII SMPN1 Omben ketika dalam kelas?. Tujuan penelitian ini yaitu; pertama, untuk mengetahui bagaimana proses penerapan PjBL dalam pembelajaran menulis cerita fabel, kedua, untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model PJBL dalam pembelajaran menulis cerita fabel, dan ketiga untuk mengetahui minat belajar siswa setelah penerapan model PJBL dalam pembelajaran menulis cerita fabel di kelas VII SMPN1 Omben ketika dalam kelas. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan beberapa nara sumber (kepala sekolah,guru, dan siswa), dan kuesioner yang diberikan kepada siswa.lokasi pada penelitian ini yaitu di SMPN1 Omben Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses penerapan PjBL dilaksanakan dengan 6 langkah yaitu; pertanyaan mendasar, perencanaan proyek, penyusunan jadwal, monitoring, penilaian hasil dan evaluasi. Respon yang diberikan siswa juga sangat positif dengan adanya penerapan model PjBL dalam pembelajaran menulis cerita fabel ini, serta minat belajar siswa juga meningkat setelah penerapan PjBL ini yang bisa dilihat berdasarkan hasil angket dan wawancara yang sudah dilakukan oleh peneliti. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL meningkatkan interaksi aktif dalam proses pembelajaran, di mana siswa terlibat secara langsung dalam pembuatan proyek cerita fabel. Respon siswa umumnya positif, dengan siswa merasa lebih termotivasi dan antusias dalam belajar. Selain itu, minat belajar siswa meningkat secara signifikan setelah penerapan model PjBL, tercermin dari keterlibatan yang lebih besar dalam aktivitas kelas dan minat yang lebih tinggi terhadap materi pembelajaran. Temuan ini mengindikasikan bahwa model PjBL dapat efektif dalam meningkatkan proses pembelajaran, respon siswa, dan minat belajar dalam pembelajaran menulis cerita fabel di SMPN 1 Omben. Saran yang dapat peneliti sampaikan pada penerapan PjBL ini yaitu peningkatan fasilitas guru, penyediaan waktu, pelatihan husus dan melakukan pemantauan pada penerapan PjBL ini

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 26 Feb 2025 04:14
Last Modified: 26 Feb 2025 04:14
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7983

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item