Sunariyah, Iis (2020) Persepsi stakeholders mengenai guru bimbingan dan konseling di MA Al-Falah Sumber Gayam. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1 SAMPUL- IIS SUNARIYAH 20160701090058.pdf Download (119kB) |
|
Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN-IIS SUNARIYAH 20160701090058.pdf Download (235kB) |
|
Text
3 HALAMAN PENGESAHAN-IIS SUNARIYAH 20160701090058.pdf Download (288kB) |
|
Text
4 ABSTRAK- IIS SUNARIYAH 20160701090058.pdf Download (88kB) |
|
Text
7 BAB I- IIS SUNARIYAH 20160701090058.pdf Download (364kB) |
|
Text
8 BAB II-IIS SUNARIYAH 20160701090058.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
|
Text
9 BAB III-IIS SUNARIYAH 20160701090058.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
|
Text
10 BAB IV-IIS SUNARIYAH 20160701090058.pdf Download (683kB) |
|
Text
11 BAB V-IIS SUNARIYAH 2016070190058.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
|
Text
12 DAFTAR RUJUKAN-IIS SUNARIYAH 20160701090058.pdf Download (295kB) |
|
Text
13 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN-IIS SUNARIYAH 20160701090058.pdf Download (288kB) |
Abstract
Persepsi merupakan cara orang memandang sesuatu yang dapat ia artikan mengenai apa yang dia lihat dan apa yang dia rasakan sehingga menghasilkan suatu prilaku Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana persepsi stakeholders mengenai guru BK di MA Al - Falah Sumber Gayam ; kedua, bagaimana pelaksanaan program guru BK di MA Al - Falah Sumber Gayam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru BK, guru mata pelajaran, waka kesiswaan ,siswa dan orang tua. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjagan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, persepsi satakeholders mengenai guru BK bermacam - macam persepsi dimana ada yang berpendapat guru BK baik, keras, ketat dan lain sebagainya. Persepsi tersebut dilatar belakangi karena kurangnya tenaga pendidikan yang memang berpendidikan BK. sehingga dengan kurangnya tenaga pendidikan BK maka minimlah pengetahuan tentang ke BKan dan guru BK hanya berfokus pada penanganan siswa- siswi yang bermasalah saja; Kedua, pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang seri ng dilakukan adalah pemanggilan orang tua ketika siswa- siswi melanggar peraturan sekolah. namun ada ketidak singkronan antara tugas guru BK dengan tugas kesiswaan dimana guru BK disekolah mempunyai tugas menghukum siswa siswi yang melanggar peraturan sekol ah seperti, menghukum siswa yang terlambat, tidak memakai sepatu, yang tidak masuk sekolah dan lain- lain. Padahal tugas tersebut merupakan tugas yang ada di bawah naungan kesiswaan. Ada juga program pemilihan jurusan dimana yang melaksanakan kesiswaan padahal dalam pemilihan bakat dan minat merupakan program BK. Dengan demikian diharapkan kepala sekolah Kepala sekolah lebih tegas lagi dalam memilih guru BK yang memang berlatar belakang jurusan BK. bukan sembarangan memilih guru BK yang ada di sekolah karena seorang guru BK mampunyai keterampilan khusus dibidang ke BKan. dengan salahnya memilih guru BK akan berpengaruh terhadap persepsi maupun terhadap pelaksanaan program BK yang ada di sekolah. dan sebagai guru BK di sekolah harus lebih mendalami tentang ke BKan supaya program - program yang akan dilaksanakan berjalan sebagaimana mestinya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum ?? m71H ?? ?? m_071 ?? ?? m_133 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 14 Aug 2020 04:24 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 02:22 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/80 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |