Analisis Kemampuan Literasi Digital pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII Mts Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan

SAHRULLAH, MOH (2024) Analisis Kemampuan Literasi Digital pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII Mts Riyadul Ulum Bicorong Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
MOH SAHRULLAH_19381071154_COVER_TBIN.pdf

Download (124kB)
[img] Text
MOH SAHRULLAH_19381071154_HALAMABN PERSETUJUAN_TBIN.pdf

Download (307kB)
[img] Text
MOH SAHRULLAH_19381071154_HALAMAN PENGESAHAN_TBIN.pdf

Download (295kB)
[img] Text
MOH SAHRULLAH_19381071154_ABSTRAK_TBIN.pdf

Download (86kB)
[img] Text
MOH SAHRULLAH_19381071154_Dafta isi_TBIN.pdf

Download (91kB)
[img] Text
MOH SAHRULLAH_19381071154_BAB I_TBIN.pdf

Download (252kB)
[img] Text
MOH SAHRULLAH_19381071154_bAB II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
MOH SAHRULLAH_19381071154_BAB III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
MOH SAHRULLAH_19381071154_BAB IV_TBIN.pdf

Download (229kB)
[img] Text
MOH SAHRULLAH_19381071154_BAB V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
MOH SAHRULLAH_19381071154_DAFTAR RUJUKAN_TBIN.pdf

Download (225kB)
[img] Text
MOH SAHRULLAH_19381071154_PERNYATAAN KEASLIAN_TBIN.pdf

Download (249kB)

Abstract

Kata Kunci:Literasi digital, Pembelajaran Bahasa indonesia Literasi digital merupakan salah satu dari enam keterampilan dasar yang terutama diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Literasi digital dapat diterapkan pada keluarga, sekolah, dan masyarakat. pembelajaran Belajar bahasa pada hakikatnya adalah belajar untuk komunikasi. Pembelajaran Bahasa diarahkan untuk meningkatkan kemampuan pebelajar dalam berkomunikasi, baik lisan maupun tulis Bahasa Indonesia mencakup aspek menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Pembelajaran yang mengutamakan potensi dalam diri masing-masing peserta didik hanya saja terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatian yang juga menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan literasi digital yang tentunya mempengaruhi terhadap kemampuan literasi digital siswa. Tujuan peneliti untuk mendeskripsikan faktor yang memengaruhi kemampuan literasi digital dan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi digital siswa di kelas VII MTs Riyadul Ulum Bicorong Pakong. Penelitian kali ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang digunakan berupa data dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi yang bersumber dari kepala sekolah, guru bahasa Indonesia dan juga siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tehknik analisis data yang digunakan merupakan analisis data yang berbentuk uraian deskriptif, yang terhimpun dari hasil wawancara observasi serta hasil dari dokumen- dokumen yang didapatkan dari lapangan Hasil penelitian ditemukan faktor pendukung bahwa sarana yang dapat digunakan dalam penerapan literasi digital diantaranya, proyektor, laptop, internet, buku, sedangkan faktor penghambat. ditemukan keaktifan, rasa ingin tau, rasa percaya diri siswa, kurangnya pemahaman siswa serta minat belajar dari siswa, tingkat keseringan siswa dalam membaca juga menjadi aspek yang mempengaruhi kemampuan literasi digital siswa. kemampuan literasi digital siswa kelas VII bervariasi. Terdapat lima belas didalam kelas, masing-masing memiliki karakter dan pemahaman yang berbeda-beda, peneliti mengamati terdapat lima siswa aktif, delapan siswa tidak aktif, dan dua siswa memiliki keterbelakangan mental, literasi digital di kelas VII di MTs Riyadul Ulum Bicorong perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 03 Mar 2025 01:28
Last Modified: 03 Mar 2025 01:28
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8020

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item