Metode Pembelajaran Aqidah Akhlak Di MTs Az-Zubair Sumber Anyar Tlanakan Pamekasan Dan MTs Nahdlatun Nasyiin Bungberuh Kadur Pamekasan.

Mufarrohah, Fina (2023) Metode Pembelajaran Aqidah Akhlak Di MTs Az-Zubair Sumber Anyar Tlanakan Pamekasan Dan MTs Nahdlatun Nasyiin Bungberuh Kadur Pamekasan. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Fina Mufarrohah_21380012013_Cover_PAI..pdf

Download (166kB)
[img] Text
Fina Mufarrohah_21380012013_ Lembar Pengesahan_PAI..pdf

Download (974kB)
[img] Text
Fina Mufarrohah_21380012013_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf

Download (455kB)
[img] Text
Fina Mufarrohah_21380012013_Daftar_ Isi_PAI..pdf

Download (277kB)
[img] Text
Fina Mufarrohah_21380012013_Abstrak_PAI..pdf

Download (150kB)
[img] Text
Fina Mufarrohah_21380012013_BAB I_ PAI. .pdf

Download (608kB)
[img] Text
Fina Mufarrohah_21380012013_BAB II_PAI..pdf

Download (551kB)
[img] Text
Fina Mufarrohah_21380012013_BAB III_PAI..pdf

Download (306kB)
[img] Text
Fina Mufarrohah_2130012013_BAB IV_PAI..pdf

Download (568kB)
[img] Text
Fina Mufarrohah_21380012013_BAB V_PAI..pdf

Download (303kB)
[img] Text
Fina Mufarrohah_21380012013_BAB VI_PAI..pdf

Download (160kB)
[img] Text
Fina Mufarrohah_21380012013_Daftar_Pustaka_PAI..pdf

Download (389kB)
[img] Text
Fina Mufarrohah_21380012013_ Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_ dan_Persetujuan_Publikasi_PAI..pdf

Download (197kB)

Abstract

Katakunci : metode pembelajaran, aqidah akhlak. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru, dapat meningkatkan minat motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran aqidah akhlak, yang mana guru dapat menumbuh kembangkan minat belajar siswa dan guru dapat menghilangkan rasa jenuh dan bosan siswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Sehingga siswa dapat bersemangat dan antusias dalam mengikuti pelajaran aqidah akhlak. Fokus penelitian:1)Bagaimana langkah-langkah penggunakan metode pembelajaran aqidah akhlak di MTs Az-Zubair Sumber Anyar Tlanakan Pamekasan dan MTs Nahdlatun Nasyiin Bungberuh Kadur Pamekasan? 2)Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penggunaan metode pembelajaran aqidah akhlak di MTs Az-Zubair Sumber Anyar Tlanakan Pamekasan dan MTs Nahdlatun Nasyiin Bungberuh Kadur Pamekasan ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sebagaimana fokus penelitian di atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis komparatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui, wawancara semi tersetruktur:kepala sekolah, guru, siswa. Observasi non partisipan, dokumentasi. Data yang dianalisis menggunakan data yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Adapun pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan guru dalam menggunakan metode pembelajaran aqidah akhlak di MTs Az-Zubair dan MTs Nahdlatun Nasyiin sebagai berikut; MTs Az-Zubair pada kelas VII: metode ceramah, metode everyone is a teacher here, metode reward and punishment. Kelas VIII: metode ceramah, metode jigsaw, metode reward and punishment. Kelas IX: metode ceramah, metode poster comment, metode reward and punishment. Begitupun di MTs Nahdlatun Nasyiin juga menggunakan metode bervariasi pada kelas VII: metode ceramah, metode resitasi. Kelas VIII: metode caramah, metode team quiz, metode reward. Kelas IX: metode ceramah, metode student created case study, metode reward. Faktor pendukung di MTs Az-Zubair: adanya guru yang professional, adanya sarana prasarana, adalanya situasi belajar mengajar yang kondusif. Faktor penghambat: guru tidak profesinal, tidak adanya sarana prasarana, siswa tidak mendengarkan penjelasan guru. Faktor pendukung di MTs Nahdlatun Nasyiin: guru yang kreatif, adanya sarana prasarana. Faktor penghambat: kurangnya semangat guru ketika mengajar, kurangnya sarana prasarana, materi pembelajaran, situasi belajar mengajar, sikap siswa ketiak belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 03 Mar 2025 01:47
Last Modified: 03 Mar 2025 01:47
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8028

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item