Penerapan Metode Diskusi dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia di Kelas XI MA. Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Pamekasan

Aini, Lamhatul (2024) Penerapan Metode Diskusi dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia di Kelas XI MA. Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Lamhatul Aini_19381072022_Sampul_TBIN.pdf.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Lamhatul Aini_19381072022_Lembar Persetujuan _TBIN.pdf.pdf

Download (81kB)
[img] Text
Lamhatul Aini_19381072022_Lembar Pengesahan_TBIN.pdf.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Lamhatul Aini_19381072022_abstrak_TBIN.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Lamhatul Aini_19381072022_Daftar Isi_TBIN.pdf.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Lamhatul Aini_19381072022_Bab 1_TBIN.pdf.pdf

Download (293kB)
[img] Text
Lamhatul Aini_19381072022_Bab 2_TBIN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
Lamhatul Aini_19381072022_Bab 3_TBIN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
Lamhatul Aini_19381072022_Bab 4_TBIN.pdf.pdf

Download (312kB)
[img] Text
Lamhatul Aini_19381072022_Bab 5_TBIN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
Lamhatul Aini_19381072022_Daftar Pustaka_TBIN.pdf.pdf

Download (272kB)
[img] Text
Lamhatul Aini_19381072022_Lembar Pernyataan Keaslian Tulisan_TBIN.pdf.pdf

Download (121kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Diskusi,Keterampilan Berbicara, Pembelajaran Salah satu upaya seorang guru dalam menerapkan suatu pembelajaran yaitu dengan menggunakan metode diskusi. Seorang guru dalam mengelola kelas agar sesuai dan dengan apa yang diinginkan oleh seorang guru yaitu dengan menggunakan metode yang telah diterapkan oleh guru. Menurut penjelasan guru Bahasa Indonesia di MA. Tarbiyatun Nasyiin 1 bahwa, dikelas XI. MA. Tarbiyatun Nasyiin 1 menggunakan metode diskusi dalam proses pembelajaran. Hal tersebut merupakan upaya seorang guru dalam mencapai hasil pembelajaran yang baik, namun penelitian ini menganalisis apa yang dimaksud metode diskusi dan keterampilan berbicara.Adapun tiga fokus penelitian dalam penelitian ini, pertama, bagaiamana Penerapan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Di Kelas XI MA. Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Pamekasan. Kedua, apa saja kelebihan dan kekurangan Penerapan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Di Kelas XI MA. Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Pamekasan. Ketiga, bagaiamana solusi dari kekurangan metode diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana Penerapan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Di Kelas XI MA. Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini memperoleh data dari observasi wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan lima orang siswa. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dan kekuatan pengamatan yaitu menggunakan triangulasi sumber dan metode.metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian. Pertama,menentukan kelompok, langkah yang kedua yaitu saya menjelasakan terlebih dahulu tentang materi yang akan dijadikan bahan untuk diskusi, selanjutnya melakukan diskusi dengan kelompoknya, kemudian mempresentasikan, setelah itu barulah masuk pada sesi tanya jawab, dan terakhir yaitu penutup. Kedua, kelebihan dan kekurangan metrode diskusi mampu mebuat siswa dapat semakin terampil didalam berbicara menggunakan bahasa indonesia, siswa tidak merasa jenuh, kondisi didalam kelas hidup, siswa lebih aktif didalam kelas. selain itu juga terdapat kekurangan dari metode diskusi yaitu membutuhkan waktu yang lama, dan juga ketakutan yang dimiliki oleh siswa yang pasif dalam berbicara, diskusi kadang lebih dikuasai beberapa siswa yang memang aktif. Ketiga,solusi dari kekurangan metode diskusi meminimalisir waktu yang lama dalam menggunakan metode diskusi yaitu dengan cara membagi waktu untuk sesi memahami, tanya jawab dan menutup diskusi. Memberi kesempatan kepada siswa yang belum aktif untuk bertanya atau mengeluarkan pendapat, juga memberikan dorongan pada siswa yang masih memiliki rasa takut dalam memberikan tanggapannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 10 Mar 2025 06:04
Last Modified: 10 Mar 2025 06:04
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8057

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item