Strategi Pembelajaran dalam Tafsir Mafātĭḥ al-Ghaib: (Analisis Psikologi Behavioristik Pada Q.S. Al-‘Alaq (96): 1-5)

Ummah, Untsa Hoirotul (2024) Strategi Pembelajaran dalam Tafsir Mafātĭḥ al-Ghaib: (Analisis Psikologi Behavioristik Pada Q.S. Al-‘Alaq (96): 1-5). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Untsa Hoirotul Ummah_20384012053_Cover_Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir.pdf

Download (212kB)
[img] Text
Untsa Hoirotul Ummah_ 20384012053_Halaman Persetujuan_Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir.pdf

Download (63kB)
[img] Text
Untsa Hoirotul Ummah_ 20384012053_Halaman Pengesahan_ Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Untsa Hoirotul Ummah_20384012053_ Abstrak_Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir.pdf

Download (259kB)
[img] Text
Untsa Hoirotul Ummah_ 20384012053_Daftar Isi_Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Untsa Hoirotul Ummah_ 20384012053_BAB I_Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir.pdf

Download (400kB)
[img] Text
Untsa Hoirotul Ummah_ 20384012053_BAB II_Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
Untsa Hoirotul Ummah_ 20384012053_BAB III_ Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img] Text
Untsa Hoirotul Ummah_ 20384012053_BAB IV_Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
Untsa Hoirotul Ummah_ 20384012053_Daftar Pustaka_ Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir.pdf

Download (233kB)
[img] Text
Untsa Hoirotul Ummah_ 20384012053_ Pernyataan Keaslian Tulisan_Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir.pdf

Download (86kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Q.S. al-‘Alaq (96): 1-5, Behavioristik Pendidikan Islam merupakan kegiatan pengembangan dan pembentukan seluruh aspek kepribadian manusia yang berlangsung seumur hidup. Sebagai kegiatan tentu saja pendidikan Islam menjadi landasan kerja dalam memberi arah pencapaian tujuan yang diprogramkan. Ada tiga istilah yang digunakan untuk konsep pendidikan yaitu: tarbiyah, ta’lĭm, dan ta’dĭb. Dalam proses pengajaran hendaknya terdapat fungsi bimbingan terhadap sebagai aspek kehidupan yang akan dihadapi seseorang, karena mengajar itu merupakan suatu kegiatan yang dimaksudkan untuk mengembangkan, mempertajam kemampuan anak, menganalisis, serta mencari hubungan antar faktor yang akan dihadapi. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui tiga persoalan pokok sehingga penghasilkan fokus penelitan yaitu: pertama, bagaimana strategi pembelajaran dalam surah al-‘Alaq (96): 1-5. kedua, bagaimana penafsiran surah al-‘Alaq (96): 1-5 dalam tafsir Mafātĭḥ al-Ghaib. Ketiga, analisis psikologi behavioristik pada tafsir Mafātiḥ al-Ghaib Q.S al-‘Alaq (96): 1-5. Pendekatan ini menggunakan pendekatan psikologi behavioristik, dikarenakan psikologi behavioristik merupakan ilmu yang mempelajari penghayatan, tingkah laku manusia, mempelajari tentang pengembangan strategi pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tematik surah, dikarenakan penelitian saya hanya memfokuskan pada satu surah saja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran dalam tafsir Mafātĭḥ al-Ghaib apabila dilihat dari psikologi behavioristik yaitu seseorang dianggap telah mempelajari sesuatu jika ia mungkin menunjukkan perubahan perilaku. Menurut teori behavioristik ini yang terpenting adalah masukan berupa stimulus dan output berupa respons. Pada contoh tersebut, stimulusnya adalah apa saja yang diberikan guru kepada siswa, seperti daftar perkalian, alat peraga, pedoman kerja, atau metode tertentu untuk membantu siswa belajar dari stimulus yang diberikan seorang guru. Sama halnya dengan tafsir Mafātĭḥ al-Ghaib yaitu apa saja yang ia baca yang dilihat didepan mata. Kemudian teori behavioristik menjelaskan tentang perilaku-perilaku manusia yang dikendalian oleh imbalan atau penguatan dari lingkungan. Menurut teori ini dalam pembelajaran yang penting masukannya berupa stimulus dan keluarannya berupa tanggapan. Proses terjadi antara stimulus dan respons penting untuk diperhatikan karena tidak dapat diamati dan tidak dapat diukur. Oleh karena itulah apa yang diberikan guru dan apa yang diterima harus dapat diamati dan diukur. Metode yang digunakan yaitu mengamati dan menyimpulkan, sama halnya dengan tafsir Mafātĭḥ al-Ghaib yaitu langkah pertama dalam menuntut ilmu dengan ta’dẓĭm dan tawaḍu’, mendengarkan, mengamati, dan memperhatikan apa yang dipelajari dan tidak luput perasaan merendah diri dan mengagunggkan Allah Swt. sebagai sang pencipta.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Mar 2025 03:47
Last Modified: 11 Mar 2025 03:47
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8107

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item