Makna Citra Politik Kampanye Ganjar Pranowo dalam Iklan Azan di RCTI

Azizah, Nur (2024) Makna Citra Politik Kampanye Ganjar Pranowo dalam Iklan Azan di RCTI. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
A. SAMPUL 1_NUR AZIZAH_20384022046.pdf

Download (25kB)
[img] Text
C. HALAMAN PERSETUJUAN_NUR AZIZAH_203840.pdf

Download (149kB)
[img] Text
D. HALAMAN PENGESAHAN_NUR AZIZAH_2038402.pdf

Download (249kB)
[img] Text
E. ABSTRAK_NUR AZIZAH_20384022046.pdf

Download (185kB)
[img] Text
G. DAFTAR ISI_NUR AZIZAH_20384022046.pdf

Download (192kB)
[img] Text
K. BAB I PENDAHULUAN_NUR AZIZAH_20384022046.pdf

Download (694kB)
[img] Text
L. BAB II METODE PENELITIAN_NUR AZIZAH_20384022046.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
M. BAB III PEMBAHASAN_NUR AZIZAH_20384022046.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img] Text
N. BAB IV PENUTUP_NUR AZIZAH_20384022046.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
O. DAFTAR PUSTAKA_NUR AZIZAH_20384022046.pdf

Download (413kB)
[img] Text
P. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_NUR AZIZA.pdf

Download (207kB)

Abstract

Kata Kunci: Citra Politik, Kampanye Politik, Iklan azan. Teknologi memainkan peran penting dalam proses dan praktik komunikasi pada masa kini. Seperti halnya pada saat menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (PEMILU) Tahun 2024 di Indonesia, partai politik tentunya mengatur sedemikian rupa strategi politik yang optimal demi menaikkan nilai elektabilitasnya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi sekarang. Untuk mencapai hal tersebut, partai politik atau politisi memilih salah satu strateginya seperti dengan memanfaatkan iklan politik. Iklan tersebut tidak hanya berfungsi untuk mempromosikan partai maupun calonnya, melainkan dapat membentuk citra dan identitas politik sebagai alat kampanye untuk memperoleh tujuan yang di inginkan. Maka dalam hal ini, peneliti akan menjawab rumusan masalah tentang bagaimana makna citra politik kampanye Ganjar Pranowo dalam iklan azan di RCTI. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif serta menggunakan pendekatan komunikasi politik. Data yang disajikan adalah iklan azan di RCTI dengan Ganjar Pranowo sebagai pemeran utama didalamnya. Teori komunikasi yang digunakan adalah teori agenda setting media dan teori spiral of silence. Dalam menemukan makna citra Ganjar Pranowo peneliti menggunakan analisis semiotika John Fiske dengan teori The Code Of Television. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa makna citra politik Ganjar Pranowo dalam iklan azan di RCTI berupa kampanye politik komunikatif dan wish image yang bertujuan untuk mendapatkan citra positif dalam pandangan masyarakat. Pada iklan ini tidak hanya menampilkan realitas namun juga menunjukkan banyak simbol-simbol ideologi yang dapat membangun sebuah makna terkait citra politik Ganjar Pranowo sehingga mudah membentuk persepsi masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
J Political Science > JC Political theory
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 19 Mar 2025 01:13
Last Modified: 19 Mar 2025 01:13
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8152

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item