Maidita, Fariska Septi (2025) Manajemen Program LDKS Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
Fariska Septi Maidita_21381042014_Sampul_MPI.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
Fariska Septi Maidita_21381042014_Lembar.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
Fariska Septi Maidita_21381042014_pengesahan_MPI.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
Fariska Septi Maidita_21381042014_ABSTRAK_MPI.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
21381942014_DAFTAR ISI.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
Fariska Septi Maidita_21381042014_BABI_MPI.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text
21381942014_BABII.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
![]() |
Text
21381942014_BABIII.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
![]() |
Text
21381942014_BABIV.pdf Download (722kB) |
![]() |
Text
21381942014_BABV.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
![]() |
Text
21381942014_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
Fariska Septi Maidita_21381042014_keasli.pdf Download (335kB) |
Abstract
Kata Kunci : Manajemen, Program LDKS, Kedisiplinan siswa. Manajemen Program LDKS merupakan inisiatif manajemen yang dirancang oleh kepala madrasah dan pengelola program LDKS untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Melalui pendekatan manajemen, program ini dirancang dengan tujuan strategis untuk mengelola sumber daya, merencanakan kegiatan, mengkoordinasikan staf, dan mengevaluasi efektivitasnya dalam mencapai tujuan pendidikan. Dengan demikian, program LDKS tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan siswa, tetapi juga sebagai bagian integral dari manajemen sekolah dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif untuk perkembangan karakter dan kedisiplinan siswa. Berdasarkan hal tersebut, ada dua pokok permasalahan yang akan menjadi kajian penelitian ini, yaitu: Pertama, Manajemen program LDKS untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Plus Nurul Hikmah di Pamekasan, Kedua, Faktor pendukung dan faktor penghambat program LDKS untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru waka kesiswaan, dan siswa. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dalam pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, Manajemen program LDKS untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Plus Nurul Hikmah di Pamekasan sudah optimal melalui beberapa proses atau tahapan yang dilakukan diantaranya perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi yang komprehensif. Perencanaan yang matang inisiasi program, penyusunan jadwal, pemilihan materi dan pemateri. Pengorganisasian dilakukan dengan pembentukan struktur kepanitian. Pelaksanaan program ini menekankan pada peningkatan kedisiplinan siswa. Evaluasi dilakukan secara konsisten melalui pemantauan harian dan rapat bulanan untuk memastikan pencapaian target. Kedua faktor pendukung seperti didukung oleh beberapa elemen kunci. Komitmen penuh dari pihak sekolah, termasuk guru dan staf kesiswaan. Faktor penghambat seperti pengaturan waktu dan cuaca yang tidak menentu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 01:35 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 01:35 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8203 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |