Amalia, Faridatul (2025) Penggunaan Media Padi (Papan Diagram) dalam Pembelajaran Matematika Diagram Batang Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Banyuanyar 3 Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
Faridatul Amalia_21381052049_Halaman Sampul_PGMI'21(1).pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
Faridatul Amalia_21381052049_Persetujuan Pembimbing_PGMI'21.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
21381052049_Halaman Pengesahan.pdf Download (723kB) |
![]() |
Text
Faridatul Amalia_21381052049_Abstrak_PGMI'21.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
Faridatul Amalia_21381052049_Daftar Isi_PGMI'21.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
Faridatul Amalia_21381052049_Bab I_PGMI'21.pdf Download (318kB) |
![]() |
Text
Faridatul Amalia_21381052049_Bab II_PGMI'21.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
![]() |
Text
Faridatul Amalia_21381052049_Bab III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
![]() |
Text
Faridatul Amalia_21381052049_Bab IV_PGMI.pdf Download (630kB) |
![]() |
Text
Faridatul Amalia_21381052049_Bab V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
![]() |
Text
Faridatul Amalia_21381052049_Daftar Pustaka_PGMI.pdf Download (383kB) |
![]() |
Text
Faridatul Amalia_21381052049_Lembar Pernyataan Keaslian Tulisan_PGMI.pdf Download (285kB) |
Abstract
Kata Kunci: Media Papan Diagram, Pembelajaran Matematika, Minat Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya minat belajar siswa pada pembelajaran matematika yang terlihat beberapa siswa lebih asyik dengan aktivitasnya sendiri ketika proses belajar mengajar berlangsung. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, bagaimana penggunaan media pembelajaran Padi (Papan diagram) dalam pembelajaran matematika diagram batang pada siswa kelas IV SDN Banyuanyar 3 Sampang. Kedua, bagaimana hasil peningkatan minat belajar siswa setelah diterapkan media Padi (Papan diagram) dalam pembelajaran matematika diagram batang pada siswa kelas IV SDN Banyuanyar 3 Sampang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain model siklus Kemmis & Mc. Taggart, yang dilakukan dalam 2 siklus. Dimana setiap siklusnya terdiri dalam 4 tahapan yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data pengamatan nilai rata-rata pada lembar observasi siswa siklus I yaitu 19,07 dengan skor total diperoleh 248, kemudian mengalami peningkatan nilai rata-rata pada siklus II menjadi 23,15 dengan skor total diperoleh 301. Sedangkan pada angket minat belajar siswa pada tahap pra siklus nilai rata-rata nya yaitu 39,38 dengan skor total diperoleh 512, kemudian mengalami penigkatan pada siklus I menjadi 52,61 dengan skor total diperoleh 684 dan meningkat secara signifikan pada siklus II dengan nilai rata-rata 72,76 dengan skor total diperoleh 946. Penelitian ini dikatakan sudah memenuhi indikator keberhasilan sehingga peneliti tidak lagi melanjutkan penelitian berikutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 02:23 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 02:23 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8226 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |