Zelviya, Yeyen (2024) Membangun Karakter Kejujuran Melalui Permainan Tradisional Congklak Pada Anak Usia Dini TKS Dharma Wanita Tlanakan II. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
Yeyen Zelviya_18381062110_COVER_PIAUD.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
Yeyen Zelviya_18381062110_HALAMAN PERSETUJUAN_PIAUD.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
Yeyen Zelviya_18381062110_HALAMAN PENGESAHAN_PIAUD.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
Yeyen Zelviya_18381062110_ABSTRAK_PIAUD.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
Yeyen Zelviya_18381062110_DAFTAR ISI_PIAUD.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
Yeyen Zelviya_18381062110_BAB I_PIAUD.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
Yeyen Zelviya_18381062110_BAB II_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
![]() |
Text
Yeyen Zelviya_18381062110_BAB III_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
![]() |
Text
Yeyen Zelviya_18381062110_BAB IV_PIAUD.pdf Download (490kB) |
![]() |
Text
Yeyen Zelviya_18381062110_BAB V_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
![]() |
Text
Yeyen Zelviya_18381062110_DAFTAR PUSTAKA_PIAUD.pdf Download (163kB) |
![]() |
Text
Yeyen Zelviya_18381062110_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PIAUD.pdf Download (107kB) |
Abstract
Kata Kunci: Karakter Kejujuran, Permainan Tradisional Congklak, Anak Usia Dini Berdasarkan karakter kejujuran anak yang di nilai masih rendah karena kurangnya pantauan dari orang tua. Sehingga membuat anak terbiasa berkata tidak jujur atau bahkan berbuat curang. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tentang membangun karakter kejujuran melalui permainan tradisional congklak pada anak usia dini TKS Dharma Wanita Tlanakan II . Tujuan dari penelitian ini yakni: 1. Mengetahui penerapan pendidikan karakter kejujuran pada anak usia dini di TKS Dharma Wanita Tlanakan II. 2. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendidikan karakter kejujuran pada anak usia dini di TKS Dharma Wanita Tlanakan II melalui permainan tradisional congklak. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahap pengumpulan data (data collection), Reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (concluting drawing / verificatin). Hasil dari penelitian ini yaitu penerapan pendidikan karakter kejujuran pada anak usia dini melalui permainan tradisional congklak dapat direncanakan dengan membuat RPPH, kemudian dilaksanakan dengan metode belajar sambil bermain dalam hal ini adalah bermain congklak. Faktor pendukung dalam penelitian ini dikelompokkan menjadi dua faktor yaitu faktor instrinsik dalam hal ini adalah minat, antusias, dan keterlibatan siswa untuk mengalami secara langsung penerapan nilai-nilai karakter kejujuran dalam konteks yang nyata, serta faktor ekstrinsik dalam hal ini adalah komitmen dari sekolah dalam memfasilitasi kebutuhan guru dalam proses pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat dalam penelitian ini terdiri dari sulit dalam mengawasi dan mengendalikan kelas, kurangnya dukungan dan keterlibatan dari orang tua siswa, serta keterbatasan waktu dalam menerapkan pendidikan karater kejujuran. Penghambat di atas dapat ditanggapi dengan membangun komunikasi yang baik dan mengajak orang tua siswa untuk bekerjasama dalam menerapkan pendidikan karakter kejujuran di rumah yang sekaligus dianggap dapat membantu mengatasi keterbatasan waktu dalam penerapan pendidikan karakter kejujuran yang ada di sekolah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 02:00 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 02:00 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8256 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |