Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B TK Dharma Bakti Pademawu, Pamekasan

Riskiyatsani, Wildana (2024) Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B TK Dharma Bakti Pademawu, Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
19381062085_SAMPUL.pdf

Download (61kB)
[img] Text
Wildana R _19381062085_HALAMAN PERSETUJUAN _PIAUD.pdf

Download (398kB)
[img] Text
Wildana R_19381062085_lEMBAR PENGESAHAN _PIAUD.pdf

Download (590kB)
[img] Text
19381062085_ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
19381062085_DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
19381062085_BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
19381062085_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
19381062085_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
19381062085_BAB IV.pdf

Download (202kB)
[img] Text
19381062085_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
19381062085_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (81kB)
[img] Text
Wildana R_19381062085_KEASLIAN TULISAN _PIAUD.pdf

Download (597kB)

Abstract

Kata kunci: Media Flash Card, Kemampuan Membaca, Anak Usia Dini Flash Card adalah kartu kecil yang berisi gambar, teks, atau tanda simbol yang meningkatkan atau mengarahkan siswa kepada sesuatu yang berhubungan dengan gambar. Bila dikaitkan dengan pembelajaran anak usia dini, media Flash Card dimaksudkan sebagai alat yang menjadi perantara dalam menyampaikan pembelajaran pada anak usia dini. Dalam mengembangkan aspek bahasa dalam kemampuan membaca, permainan Flash Card ini digunakan dengan menggunakan potongan-potongan Flash Card yang bertuliskan kata sesuai tema pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan media Flash Card dalam mengembangkan kemampuan membaca anak kelompok B TK Dharma Bakti Pademawu, Pamekasan, bagaimana dampak penerapan media Flash Card terhadap kemampuan membaca anak kelompok B TK Dharma Bakti Pademawu, Pamekasan dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dari penerapan media Flash Card dalam mengembangkan kemampuan membaca anak kelompok B TK Dharma Bakti Pademawu, Pamekasan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas di TK. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh disederhanakan dalam bentuk yang lebih mudah yaitu pengelompokkan, pengecekan, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media Flash Card dalam mengembangkan kemampuan membaca Anak Kelompok B TK Dharma Bakti Pademawu, Pamekasan yaitu guru memegang kartu Flash Card yang telah disusun setinggi dada dan menghadap siswa sambil menjelaskan tehnik dan aturan permainan Flash Card, guru menunjukan satu persatu Flash Card dengan waktu yang relatif singkat sambil melafalkan huruf, suku kata, dan kata yang ada pada Flash Card serta meminta peserta didik untuk menirukan sampai kartu terakhir. Selain itu dampak dari penerapan media Flash Card yaitu memotivasi siswa dalam membaca, daya tarik siswa dalam membaca meningkat. Faktor pendukung menggunakan media Flash Card ini sangat mudah atau praktis digunakan Media Flash Card juga membantu melatih kemampuan membaca anak dengan adanya gambar dimedia Flash Card membuat anak tertarik untuk membaca. Sedangkan faktor penghambatnya hanya menekankan persepsi indra mata ukurannya sangat terbatas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 28 Apr 2025 03:08
Last Modified: 28 Apr 2025 03:08
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8268

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item