Fitriyah, Anis (2024) Strategi Menstimulasi Minat Belajar Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Karyawisata Kelompok A di RA Al-Mukhlisin Seddur Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
ANIS FITRIYAH_20160701060004_COVER_PIAUD..pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
01. PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
02. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
ANIS FITRIYAH_20160701060004_ABSTRAK_PIAUD..pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
ANIS FITRIYAH_20160701060004_BAB I_PIAUD..pdf Download (248kB) |
![]() |
Text
ANIS FITRIYAH_20160701060004_BAB II_PIAUD..pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
![]() |
Text
ANIS FITRIYAH_20160701060004_BAB III_PIAUD..pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
![]() |
Text
ANIS FITRIYAH_20160701060004_BAB IV_PIAUD..pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
ANIS FITRIYAH_20160701060004_BAB V_PIAUD..pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
![]() |
Text
ANIS FITRIYAH_20160701060004_DAFTAR PUSTAKA_PIAUD..pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
03. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (142kB) |
Abstract
Kata Kunci: Minat Belajar, Anak Usia Dini, Karya Wisata Penggunaan metode pembelajaran yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap pencapaian tujuan yang telah dirancang. Oleh karena itu, seorang pendidik juga dibutuhkan mengembangkan kompetensi, agar mampu menciptakan pembelajaran yang kualitas dari segi isi (materi) serta kemasannya. Berangkat dari hal tersebut peneliti ingin menelaah lebih dalam lagi mengenai bagaimana gambaran minat belajar anak, strategi menstimulasi minat belajar anak, serta faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar anak usia dini kelompok A melalui metode karyawisata di RA Al-Mukhlisin Seddur Pakong Pamekasan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu anak didik kelompok A sejumlah 12 anak. Objek penelitian ini adalah strategi menstimulasi minat belajar. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan berpartisipasi sebagai pengamat, wawancara atau interview bebas terpimpin, dan dokumentasi. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru pengajar. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi metode dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode karya wisata dapat membantu anak didik untuk lebih semangat lagi dalam belajar, serta bisa mengeksplor dirinya untuk lebih berani. Kepala sekolah bekerja sama dengan guru melakukan evaluasi setiap 3 bulan sekali agar dapat memperbarui tema-tema ajar yang akan diajarkan kepada anak didik. Biasanya, metode karya wisata dilakukan sesuai dengan tema yang sedang digunakan. Jika tema belajarnya tentang peternakan, maka kepala sekolah dan guru pengajar akan melakukan karya wisata ke peternakan, seperti peternakan sapi perah, peternakan ayam, dan lain sebagainya. Faktor yang mempengaruhi strategi menstimulasi minat belajar anak yaitu; mengolah bahan belajar, perolehan hasil belajar, kemampuan menggali hasil belajar, rasa percaya diri peserta didik, dll. Sedangkan faktor pendukungnya berupa; sikap positif peserta didik terhadap pembelajaran, tingkat kecakapan pendidik, dan situasi dan kondisi yang mendukung proses belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 03:07 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 03:07 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8271 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |