PROBLEMATIKA YANG DIHADAPI GURU DALAM MENGAJAR ANAK USIA DINI DENGAN CARA DARING DI TK TUNAS II JL. MASJID PATEMON KELURAHAN PATEMON KABUPATEN PAMEKASAN DALAM MASA PANDEMI COVID-19

SYANDI, FARADILA (2024) PROBLEMATIKA YANG DIHADAPI GURU DALAM MENGAJAR ANAK USIA DINI DENGAN CARA DARING DI TK TUNAS II JL. MASJID PATEMON KELURAHAN PATEMON KABUPATEN PAMEKASAN DALAM MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
20170701062017__SAMPUL.pdf

Download (38kB)
[img] Text
20170701062017_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (67kB)
[img] Text
20170701062017 PENGESAHAN.pdf

Download (403kB)
[img] Text
20170701062017_ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
20170701062017_DAFTAR ISI.pdf

Download (735kB)
[img] Text
20170701062017_BAB I.pdf

Download (26kB)
[img] Text
20170701062017_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
20170701062017_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
20170701062017_BAB IV.pdf

Download (336kB)
[img] Text
20170701062017_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
20170701062017_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (8kB)
[img] Text
20170701062017 KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (232kB)

Abstract

Kata Kunci. Guru mengajar, Anak usia Dini, Pembelajaran daring Pandemi COVID-19 telah berdampak besar pada praktik pendidikan di seluruh dunia, memaksa pendidik anak usia dini untuk segera beralih dari ruang kelas tradisional ke platform online. Studi kualitatif ini mengkaji tantangan yang dihadapi oleh guru di TK Tunas II, yang terletak di Kecamatan Patemon, Kabupaten Pamekasan, Indonesia, dalam menghadapi kompleksitas pengajaran online untuk anak-anak selama pandemi. Melalui wawancara mendalam dan observasi, data dikumpulkan dari guru TK yang aktif terlibat dalam pengajaran jarak jauh. Studi ini mengidentifikasi beberapa tantangan utama. Pertama, kesulitan teknis dengan platform online menghambat penyampaian dan interaksi pembelajaran yang efektif, sehingga memperburuk kesenjangan digital antara guru dan siswa. Kedua, mempertahankan perhatian dan keterlibatan anak-anak di lingkungan virtual terbukti menantang, karena pengalaman ruang kelas tradisional yang interaktif dan kaya akan sensorik sulit ditiru secara online. Selain itu, mengadaptasi kurikulum dan kegiatan agar sesuai dengan penyampaian secara online sambil memenuhi kebutuhan perkembangan dan hasil pembelajaran menghadirkan tantangan yang signifikan. Guru menghadapi tantangan ganda untuk memastikan konten pendidikan sesuai dengan usia dan dapat diakses oleh pelajar muda, sekaligus mendorong perkembangan sosial-emosional dan interaksi teman sebaya dari jarak jauh. Selain itu, penelitian ini mengeksplorasi peran penting keterlibatan dan dukungan orang tua dalam memfasilitasi pengalaman belajar online anak-anak, menggarisbawahi perlunya kemitraan kolaboratif antara pendidik dan keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 21 May 2025 08:24
Last Modified: 21 May 2025 08:24
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8289

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item