Salsabela, Agnies Nafa (2024) Strategi Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Di Dusun Maddis, Desa Pamaroh, Kec. Kadur, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
Sampul.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (558kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN. .pdf Download (146kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi, Orang Tua, Gadget, Anak Usia Dini Gadget merupakan media yang digunakan sebagai sarana komunikasi modern. Banyaknya manfaat dari gadget dan tuntutan zaman yang saat ini mengharuskan menggunakan gadget. Sehingga saat ini sebagian besar anak usia dini sudah tidak asing lagi saat menggunakan gadget. Penggunaan gadget bagi anak perlu pengawasan yang ketat. Banyaknya konten yang dapat dilihat oleh anak tentu akan memberikan dampak yang akan diterima, baik itu dampak positif atau dampak negatif dari penggunaan gadget bergantung dengan control yang dilakukan oleh orang tua kepada anak ketika anak sedang menggunakan gadget. Oleh karena itu strategi orang tua sangat dibutuhkan dalam penggunaan gadget. Berdasarkan hal tersebut maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama Apa saja faktor yang dapat mempengaruhi penggunaan gadget pada anak usia dini di Dusun Maddis, Dan kedua Bagaimana strategi orang tua dalam mengatur penggunaan gadget pada anak usia dini di Dusun Maddis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya adalah orang tua yang memiliki anak usia dini di Dusun Maddis sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan, keikutsertaan, triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama strategi orang tua dalampenggunaan gadget di Dusun maddis yaitu : (a) Batasan waktu: Beberapa orang tua memberlakukan batasan waktu dalam penggunaan gadget oleh anak anak. (b) Konten yang disediakan: Orang tua memilih dan mengisi gadget dengan konten yang positif dan edukatif, (c) Pengawasan aktif: Orang tua mengawasi penggunaan gadget oleh anak. (d) Mengimbangi dengan kegiatan lain: Orang tua mencoba untuk mengimbangi penggunaan gadget dengan kegiatan lain yang bermanfaat,(e) Kesadaran terhadap dampak negative. Kedua faktor apa saja yang dapat mempengaruhi penggunaan gadget pada anak usia dini Dusun Maddis yaitu : (a) Alasan penggunaan gadget, beberapa alasan yang disebutkan adalah untuk menenangkan anak saat rewel, untuk memberikan hiburan, atau untuk menemani anak saat orang tua sedang sibuk dengan pekerjaan. (b) Jenis gadget yang diberikan: orang tua memberikan TV, handphone, atau kombinasi dari keduanya..(c) Durasi penggunaan gadget. (d) Interaksi sosial beberapa anak lebih suka bermain dengan teman-temannya di luar rumah, sementara yang lain lebih tertarik dengan gadget dan kurang berinteraksi dengan teman sebaya. (e) Perubahan perilaku anak setelah menggunakan gadget. (f) Konten yang tersedia. (g) Pengawasan orang tua.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 07:18 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 07:18 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8311 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |