Hasanah, Wildatul (2024) Implementasi Media Loose part dalam Pengenalan Literasi pada Anak Kelompok A di Tk Al-Azhar Pagendingan Galis Pamekasan Tahun Pelajaran 2023/2024. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
Wildatul Hasanah_20381062030_cover_PIAUD.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
Wildatul Hasanah_20381062030_Lembar Persetujuan_PIAUD.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
Wildatul Hasanah_20381062030_Lembar Pengesahan_PIAUD.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
Wildatul Hasanah_20381062030_abstrak_PIAUD.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
Wildatul Hasanah_20381062030_Daftar Isi_PIAUD.pdf Download (63kB) |
![]() |
Text
Wildatul Hasanah_20381062030_Bab 1_PIAUD.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
Wildatul Hasanah_20381062030_Bab 2_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
![]() |
Text
Wildatul Hasanah_20381062030_Bab 3_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
![]() |
Text
Wildatul Hasanah_20381062030_Bab 4_PIAUD.pdf Download (876kB) |
![]() |
Text
Wildatul Hasanah_20381062030_Bab 5_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
![]() |
Text
Wildatul Hasanah_20381062030_Daftar Pustaka_PIAUD.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
Wildatul Hasanah_20381062030_ Lembar Pernyataan Keaslian Tulisan_PIAUD.pdf Download (179kB) |
Abstract
Kata Kunci: Media, Loose part, Literasi Anak Usia Dini. Tingkat literasi di Indosesia sangat rendah dibuktikan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh PISA (Programme for International Student Assessment) pada tahun 2012, Indonesia menempati peringkat ke-64 dari 65 negara dalam hal tingkat literasi. Oleh karena itu pemerintah mulai menanamkan dasar-dasar litersi sejak usia dini. Literasi pada anak usia dini merupakan sebuah upaya untuk memperkenalkan anak-anak pada aktivitas pra-membaca pada usia dini. Untuk menamkan literasi padan anak kelompok A di TK Al-Azhar Pagendingan Galis Pamekasan telah menggunaka media loose part yang dapat membuat anak tertarik unruk belejar. Dalam penelitian ini memiliki dua fokus penelitian sebagai berikut: Pertama, untuk mengetahui implementasi media loose part dalam pengenalan literasi pada anak kelompok A di TK Al-Azhar Pagendingan Pamekasan. Kedua, Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari implementasi media loose part dalam mengenalkan literasi pada anak kelompok A di TK Al-Azhar Pagendingan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripstif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara semi terstruktur, observasi partisipasi, dan dokumentasi, dan yang menjadi informan guru kelas, guru pembantu kelas A, dan kepala sekolah TK Al-Azhar Pagendingan Galis Pamekasan. Adapun teknik analisis data melalui beberapa langlah yaitu: penyumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam implementasi media loose part dalam mengenalkan literasi pada anak kelompok A di TK Al-Azhar Pagendingan Pamekasan. Pertama, guru membuat modul ajar, guru menyiapkan media pembelajarana, guru menyiapkan tempat yang nyaman dan aman untuk berlangsungnya kegiatan pembelajaran, Adapun langkah-langkah oleh guru dalam pengenalan literasi menggunakan media loose part yaitu; Guru mengenalkan simbol-simbol huruf pada kata sesuai dengan subtopik dalam Modul Ajar berulang-ulang, kemudian Guru mengenalkan setiap jenis media loose part yang telah di sediakan setelah itu Guru memberikan contoh membuat huruf dari media loose part dan Guru mengajak anak untuk membuat huruf dari media loose part, setelah selesai Guru menanyakan kembali huruf-huruf yang telah dibuat oleh anak. Kedua, faktor pendukung implementasi media loose part dalam mengenalkan literasi yaitu; Media loose part mudah didapatkan dan media yang menyenangkan untuk anak, guru selalu memotivasi anak. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu; Faktor Intelektual atau kecerdasan anak yang berbeda dan faktor lingkungan yaitu kurangnya peran orang tua.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 07:34 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 07:34 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8329 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |