Fitria, Nur Maulida (2024) Implementasi Mengaji Al-Qur’an dalam Mengembangkan Nilai Religius Pada Anak Usia Dini di TK Ar-Rosyidiyah Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
Nur Maulida_19381062002_SAMPUL_PIAUD.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
Nur Maulida_19381062002_Halaman Persetujuan_PIAUD.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
Nur Maulida_19381062002_Halaman pengesahan_PIAUD.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
Nur Maulida_19381062002_ABSTRAK_PIAUD.pdf Download (411kB) |
![]() |
Text
Nur Maulida_19381062002_DAFTAR ISI_PIAUD.pdf Download (357kB) |
![]() |
Text
Nur Maulida_19381062002_BAB I_PIAUD.pdf Download (421kB) |
![]() |
Text
Nur Maulida _19381062002_BAB II_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) |
![]() |
Text
Nur Maulida_19381062002_BAB III_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
![]() |
Text
Nur Maulida_19381062002_BAB IV_PIAUD.pdf Download (721kB) |
![]() |
Text
Nur Maulida_19381062002_BAB V_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (550kB) |
![]() |
Text
Nur Maulida_19381062002_DAFTAR RUJUKAN_PIAUD.pdf Download (423kB) |
![]() |
Text
Nur Maulida_19381062002_Keaslian Tulisan_PIAUD.pdf Download (265kB) |
Abstract
Kata Kunci: mengaji al-qur’an, nilai religius, anak usia dini Nilai religius di masa usia dini menjadi hal penting yang harus dilakukan sebagai cara untuk menciptakan masyarakat yang bermartabat, bermoral, beradab serta agamis sejalan dengan berbagai nilai yang Islam ajarkan. Pendidikan nilai-nilai moral agama pada program PAUD merupakan fondasi yang kokoh dan sangat penting keberdaanya, dan jika hal itu telah tertanam dengan baik dalam setiap insan sejak dini, hal tersebut merupakan awal yang baik bagi pendidikan anak bangsa untuk menjalani pendidikan selanjutnya. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua pembahasan yang menjadi fokus penelitian ini, yaitu Pertama bagaimana implementasi mengaji al-qur’an dalam mengembangkan nilai religius pada anak usia dini di TK AR-Rosyidiyah Sampang, Kedua apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan nilai religius pada anak usia dini di TK Ar-Rosyidiyah Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis diskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi kelompok A dan B TK AR Rosyidiyah Sampang. Informannya kepala sekolah dan wali kelas kelompok A dan B. analisis dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, Kesimpulan atau verifikasi. sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan tringulasi Teknik. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa implementasi mengaji al-qur’an dalam mengembangkan nilai religius anak melalui mengaji Al-Qur’an, pendidik menyediakan al Qur’an (Juz Amma) yang akan digunakan pada saat pembelajaran berlangsung. Adapun faktor pendukung pengembangan nilai religius anak adalah motivasi guru, memberikan pujian kepada anak, serta faktor penghambat pengembangan nilai religius anak adalah rasa malas, kurangnya stimulasi dari lingkungan serta anak cepat merasa bosan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 07:34 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 07:34 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8331 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |