Jannah, Siti Uzlifatul (2025) Peran Guru Untuk Mengembangkan Motorik Halus Dalam Pembelajaran Menggambar Anak Kelompok B di RA Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
SITI UZLIFATUL JANNAH_18381062094_HALAMAN SAMPUL_PIAUD.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
SITI UZLIFATUL JANNAH_18381062094_HALAMAN PERSETUJUAN_PIAUD.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
SITI UZLIFATUL JANNAH_18381062094_HALAMAN PENGESAHAN_PIAUD.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
SITI UZLIFATUL JANNAH_18381062094_ABSTRAK_PIAUD.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
SITI UZLIFATUL JANNAH_18381062094_DAFTAR ISI_PIAUD.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
SITI UZLIFATUL JANNAH_18381062094_BAB I_PIAUD.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
SITI UZLIFATUL JANNAH_18381062094_BAB II_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
![]() |
Text
SITI UZLIFATUL JANNAH_18381062094_BAB III_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
![]() |
Text
SITI UZLIFATUL JANNAH_18381062094_BAB IV_PIAUD.pdf Download (348kB) |
![]() |
Text
SITI UZLIFATUL JANNAH_18381062094_BAB V_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
![]() |
Text
SITI UZLIFATUL JANNAH_18381062094_DAFTAR RUJUKAN_PIAUD.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
SITI UZLIFATUL JANNAH_18381062094_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PIAUD.pdf Download (59kB) |
Abstract
Kata kunci: Peran Guru, Motorik Halus, Menggambar Peran guru di RA Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan dalam mengembangkan motorik halus anak dalam pembelajaran menggambar dengan adanya kerjasama antara guru, orang tua dan peserta didik yaitu pentingnya peran guru dalam mengembangkan motorik halus anak dalam pembelajaran menggambar yang bertujuan untuk memberikan arahan, dorongan serta dukungan kepada peserta didik untuk menjadi pribadi yang lebih baik, penuh semangat dalam belajar dan lebih kreatif. Pokok permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana peran guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran di RA Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan. Kedua, bagaimana peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran di RA Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan. ketiga, bagaimana peran guru dalam mengevaluasi pembelajaran di RA Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan. Peneliti melakukan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa wawancara (semi terstruktur) kepada pihak yang bersangkutan, observasi (non pastisipan), dan dokumentasi dengan informan kepala sekolah, dan guru.. Sedangkan pengecakan keabsahan data melalui keikutsertaan, triangulasi dengan ketekunan peneliti/ pengamat yang dilakukan dengan baik dan benar. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan: Pertama, Peran guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran di RA Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan dengan cara guru menjadi Fasilitator, seperti menyusun RPPH, menyediakan media pembelajaran, dan membuat format penilaian. Kedua, bagaimana peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran di RA Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan dengan cara guru menjadi Pembimbing dan Motivator, menstimulasi motorik anak sebelum kegiatan inti dimulai dengan gerakan atau lagu, dan memberikan apresiasi berupa pujian atau acungan jempol. ketiga, bagaimana peran guru dalam mengevaluasi pembelajaran di RA Tarbiyatun Nasyiin 1 Grujugan Larangan Pamekasan dengan cara guru menjadi Evaluator, melakukan asesmen atau penilaian mencakup seluruh perkembangan anak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 02:30 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 02:30 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8355 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |