Mutmainnah, Mutmainnah (2025) Strategi Pendidik Dalam Mengembangkan Aspek Bahasa Anak Kelompok B Di TKS Al-Qur'an Muballighin Prembun Pademawu Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
SAMPUL 21381062059 MUTMAINNAH.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN MUTMAINNAH 21381062059.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
HALAMA PENGESAHAN MUTMAINNAH.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK MUTMAINNAH 21381062059.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI MUTMAINNAH 21381062059.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
BAB I. MUTMAINNAH 21381062059 (1).pdf Download (394kB) |
![]() |
Text
BAB II MUTMAINNAH 21381062059.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
![]() |
Text
BAB III MUTMAINNAH 21381062059.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
![]() |
Text
BAB IV MUTMAINNAH 21381062059.pdf Download (373kB) |
![]() |
Text
BAB V MUTMAINNAH 21381062059.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN MUTMAINNAH 21381062059.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
KEASLIAN TULISAN MUTMAINNAH.pdf Download (244kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi pendidik, Pengembangan bahasa, Anak usia dini. Perkembangan bahasa bagi anak dimulai sejak bayi melalui pengalaman dan pertumbuhan bahasa. Ada tiga keterampilan bahasa yaitu reseptif, ekspresif, dan keaksaraan awal. Oleh karena itu, memiliki kemampuan keaksaraan awal harus distimulasi sejak usia dini. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, pendidik sebelum kegiatan membaca dimulai melakukan ice breaking terlebih dahulu dengan tujuan agar anak lebih kondusif dan pada saat melakukan kegiatan membaca di kelas, kemampuan membaca anak sudah membaik. Hal ini dibuktikan dengan anak sudah mampu membaca abjad, dan bacaan huruf alfabet (buku jilid). Kegiatan membaca tersebut menggunakan media buku jilid membaca. Dari penelitian yang saya temukan disekolahan tersebut sudah menerapkan kebiasaan dengan memberikan reward kepada anak. Penelitian ini memiliki dua fokus dan dua tujuan yakni 1) Untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan pendidik dalam mengembangkan bahasa anak usia dini di TKS Al-qur'an Muballighin Prekbun Pademawu Pamekasan 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan bahasa anak usia dini di TKS Al-qur'an Muballighin Prembun Pademawu Pamekasan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer diperoleh dari kepala sekolah, dan guru kelas kelompok B di TKS Al-qur’an Muballighin. Analisis data dilakukan melalui 3 teknik yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian dilanjutkan dengan uji keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan penelitian, ketekunan pengamat dan triangulasi dilakukan dengan 2 teknik yaitu triangulasi sumber dan teknik. Adapun hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti, yaitu: Strategi yang digunakan pendidik dalam mengembangkan bahasa anak usia dini diantaranya yaitu sebelum memulai proses pembelajaran, pendidik terlebih dahulu menyiapkan bahan ajar yang akan diajarkan kepada anak seperti buku jilid. Kemudian pendidik juga menyiapkan ice breaking juga pemberian reward. Faktor pendukung yaitu dalam perkembangan bahasa anak di TKS al-qur’an Muballighin anak untuk aktif berkomunikasi dengan temannya juga fasilitasnya memadai seperti buku jilid yang lengkap sehingga pembelajaran berjalan dengan baik, juga minat baca anak mempunyai keinginan yang kuat dalam usaha minat bacanya. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu dalam mengembangkan kemampuan faktor keluarga dan faktor linkungan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 02:43 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 02:43 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8360 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |