Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Anak Usia Dini di Tks Al-qur’an Muballighin Prekbun Pademawu Pamekasan

Febriana, Intan Maya (2025) Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Anak Usia Dini di Tks Al-qur’an Muballighin Prekbun Pademawu Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
21381062013_SAMPUL INTAN.pdf

Download (328kB)
[img] Text
21381062013_ HALAMAN PERSETUJUAN INTAN.pdf

Download (338kB)
[img] Text
21381062013_HALAMAN PENGESAHAN INTANN.pdf

Download (276kB)
[img] Text
21381062013 DAFTAR ISI INTAN.pdf

Download (83kB)
[img] Text
21381062013 BAB I INTAN.pdf

Download (496kB)
[img] Text
21381062013 BAB II INTAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
21381062013 BAB III INTAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[img] Text
21381062013 BAB IV INTAN.pdf

Download (997kB)
[img] Text
21381062013 BAB V INTAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
21381062013 DAFTAR RUJUKAN INTAN.pdf

Download (393kB)
[img] Text
21381062013_KEASLIAN TULISAN INTAN.pdf

Download (411kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Eksperimen, Pembelajaran Sains, Anak Usia Dini. Metode eksperimen dalam pembelajaran sains anak usia dini merupakan strategi yang menitikberatkan pada keterlibatan langsung anak melalui kegiatan praktis seperti percobaan sederhana, pengamatan, dan penarikan kesimpulan berdasarkan hasil yang mereka temukan sendiri. Pendekatan ini dirancang untuk membangun pemahaman konsep secara mendalam melalui pengalaman nyata dan analisis mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan metode eksperimen dalam pembelajaran sains di TK Al-Qur’an Muballighin, Prekbun, Pademawu, Pamekasan, serta mengidentifikasi berbagai faktor yang mendorong maupun menghambat efektivitas penerapan metode tersebut di lingkungan pendidikan tersebut. Metode penelitian menggunakan penelitian Kualitatif dengan, pendekatan deskriptif. Sumber data pada penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Di Tks pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian dalam pengecekan keabsahan data hasil penelitian peneliti menggunakan perpenjangan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Anak Usia Dini di Tks Al-qur’an Muballighin Prekbun Pademawu Pamekasan yaitu Pertama, RPPH disusun sebagai panduan pembelajaran dengan penggunaan metode eksperimen, serta ice breaking untuk meningkatkan keterlibatan belajar. dan guru menyiapkan alat dan bahan metode eksperimen, guru mengajak anak bernyanyi bersama terlebih dahulu dan menjelaskan tema yang akan dipelajari, guru memberikan arahan dan contoh bagaimana cara melakukan metode eksperimen, Setelah itu, guru mengawasi dan mengamati kegiatan metode eksperimen tersebut. Kedua, Faktor pendukung yaitu dukungan dari orang tua anak, karena seperti halnya yang terjadi di lapangan peran dan dukungan orangtua masih kurang, hal itu terjadi karena keterbatasan ekonomi dan juga persiapan dari orangtua itu sendiri, seperti ketika alat atau bahan yang digunakan oleh anak ketika menerapkan metode eksperimen sulit ditemukan dan juga biaya yang dikeluarkan itu, terbilang tinggi. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu guru kurang memaksimalkan waktu, pada saat penerapan metode eksperimen, masih ada beberapa anak yang tidak kebagian dalam percobaan tersebut, hal itu terjadi karena guru kurang memaksimalkan waktu pada saat penerapan metode eksperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 04 Jul 2025 02:43
Last Modified: 04 Jul 2025 02:43
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8361

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item