Pengaruh Kepribadian Introvert Terhadap Penyesuaian Sosial Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Pamekasan

Romadhan, Yesika Maghfiroh (2025) Pengaruh Kepribadian Introvert Terhadap Penyesuaian Sosial Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
21381092037_SAMPUL.pdf

Download (155kB)
[img] Text
21381092037_HALAMAN PERSETUJUAN .pdf

Download (217kB)
[img] Text
21381092037_HALAMAN PENGESAHAN .pdf

Download (263kB)
[img] Text
21381092037_ABSTRAK.docx

Download (9kB)
[img] Text
21381092037_DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB)
[img] Text
21381092037_BAB 1.pdf

Download (318kB)
[img] Text
21381092037_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
21381092037_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text
21381092037_BAB IV.pdf

Download (726kB)
[img] Text
21381092037_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
21381092037_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (295kB)
[img] Text
21381092037_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (287kB)

Abstract

Kata Kunci: Kepribadian Introvert, Penyesuaian Sosial Kepribadian introvert merupakan kepribadian remaja yang tertutup, sehingga remaja cenderung memilih sendiri atau dengan sedikit teman. Remaja yang kepribadian introvert mengarahkan remaja kedunia dalam, remaja introvert lebih berfikir kearah subjektif dirinya sendiri. penyesuaian sosial adalah sebagai suatu tingkah laku yang mendorong individu untuk menyesuaikan diri dengan orang lain dan kelompok seusia dengan kesadaran dalam diri dan tuntutan lingkungan. Penelitian ini bertuju untuk mengetahui pengaruh kepribadian introvert terhadap penyesuian sosial pada siswa kelas XI SMAN 5 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 5 Pamekasan dengan jumlah 43 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner yang mengukur besar pengaruh kepribadian introvert terhadap penyesuian sosial pada siswa. Data yang diperoleh kemudian diuji validitas, reliabilitas, normalitas, dan linearitasnya. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa hasil iji hipotesis t dengan nilai t hitung positif sebesar 3,678 dan nilai t tabel 1,683 sehingga t hitung (3,678 > 1,683) dan tafaf signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05) yang berarti hipotesis dalam penelitian ini menolak H0 dan menerima Ha. Maka kepribadian introvert berpegaruh terhadap penyesuaian sosial. Kepribadian introvert juga memiliki dampak negatif dalam penyesuaian sosial seperti stress, kesepian, dan melakukan hal-hal negatif serta memiliki keterbatasan dalam berkomunikasi dengan orang lain. Dalam mengatasi dampak negatif tersebut kepribadian introvert penting untuk di ingat bahwa setiap individu memiliki keunikan dalam cara mereka berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena itu cara yang dapat membantu mengatasi adalah individu perlu menggali kebutuhan diri mereka dan memahami batasan-batasan yang mereka miliki dalam berinterksi, peran dari sekolah dan guru BK juga penting untuk memberikan pendelatan inklusis, seperti memberikan kesempatan bagi siswa introvert untuk mengekspresikan diri melalui cara yang lebih nyaman bagi mereka, misalnya memberikan pendekatan pembelajaran yang fleksibel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 29 Jul 2025 08:42
Last Modified: 29 Jul 2025 08:42
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8449

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item