Sofa, Mohammad (2020) Konsep Diri Remaja dari Keluarga Broken Home (Studi Kasus di Kelas VIII SMP Negeri 1 Pamekasan). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1. SAMPUL-MOHAMMAD SOFA 20160701090094.pdf Download (345kB) |
|
Text
2. HALAMAN PERSETUJUAN-MOHAMMAD SOFA 20160701090094.pdf Download (282kB) |
|
Text
3. HALAMAN PENGESAHAN - MOHAMMAD SOFA 20160701090094.pdf Download (121kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR-MOHAMMAD SOFA 20160701090097.pdf Download (648kB) |
|
Text
4. ABSTRAK- MOHAMMAD SOFA 20160701090094.pdf Download (420kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI-MOHAMMAD SOFA 20160701090094.pdf Download (649kB) |
|
Text
7. BAB I - MOHAMMAD SOFA 201600701090094.pdf Download (245kB) |
|
Text
8. BAB II - MOHAMMAD SOFA 20160701090094.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
|
Text
9. BAB III - MOHAMMAD SOFA 20160701090094.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
10. BAB IV MOHAMMAD SOFA 20160701090094 baru.pdf Download (640kB) |
|
Text
11. BAB V - MOHAMMAD SOFA 20160701090094.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
Text
12. DAFTAR RUJUKAN - MOHAMMAD SOFA 20160709090094.pdf Download (209kB) |
|
Text
13. SURAT KEASLIAN TULISAN - MOHAMMAD SOFA 20160701090094.pdf Download (104kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN - MOHAMMAD SOFA 20160701090094.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari remaja yang menagalami keluarga broken home. Dimana keluarga merupakan lembaga pertama dan utama dalam kehidupan remaja. Keluarga mempunyai peranan penting dalam memberikan pendidikan, curahan kasih sayang, arahan, dan pengawasan pada remaja agar mereka tumbuh dengan memiliki konsep diri yang baik, dimana konsep diri merupakan salah satu bagian terpenting dalam diri remaja untuk menjalani proses kehidupan yang nantinya akan tercermin dalam perbuatan atau perilkau remaja. Berdasarkan hal tersebut maka ada dua fokus yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana konsep diri remaja dari keluarga broken home di kelas VIII SMP Negeri 1 Pamekasan? Kedua, Bagaimana pengaruh konsep diri remaja dari keluaraga broken home dalam perilaku remaja di kelas VIII SMP Negeri 1 Pamekasan? Penelitian ini menngunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan dalam prosedur pengumpulan data ialah wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Kemudian data tersebut di analisis dengan analisi data melalui 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data, 3) display data (penyajian data), dan 4) penarikan kesimpulan (verification). Kemudia seluruh data di cek keabsahannya berdasarkan derajat kepercayaan yang meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, konsep diri remaja dari keluarga broken home cenderung memiliki konsep diri negatif berdasarkan acuan dimensi internal penilaian diri identitas tidak selaras dengan diri pelaku remaja dan dari acuan dimensi eksternal diri etika-moral remaja ada ketidak sesuaian antara penilaian diri etika-moral remaja dengan penilaian diri etika-moral orang tua remaja. Kedua, pengaruh konsep diri remaja dari keluarga broken home dalam perilakau remaja menimbulkan rasa malas yang mengakibatkan remaja melalaikan tuga-tugas sekolah dan lupa akan pembagian waktu. Berkata kurang jujur menimbulkan remaja kurang mendapat kepercayaan dari orang tua dan suka menerima titah orang lain yang menyebabkan remaja penakut, mudah terpengaruh dan rendah diri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 14 Aug 2020 04:29 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 02:30 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/85 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |