Tradisi Pembacaan Ayat Al-Qur’an Pada Kegiatan Rātib al-Ḥaddād (Studi Living Qur’an di Pondok Pesantren Nahdhatut Ta’limiyah dan Pondok Pesantren Ummul Quro At-Tarbawiyah Putri)

Ni'mah, Khoirin (2025) Tradisi Pembacaan Ayat Al-Qur’an Pada Kegiatan Rātib al-Ḥaddād (Studi Living Qur’an di Pondok Pesantren Nahdhatut Ta’limiyah dan Pondok Pesantren Ummul Quro At-Tarbawiyah Putri). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
KHOIRIN NI'MAH_23380052011_Sampul_IQT.pdf

Download (427kB)
[img] Text
Terbaru Khoirin Ni’mah_23380052011_Persetujuan Pembimbing_IQT.pdf

Download (489kB)
[img] Text
Terbaru Khoirin Ni’Mah_23380052011_Pengesahan Dewan Penguji_IQT.pdf

Download (696kB)
[img] Text
KHOIRIN NI'MAH_23380052011_Kata Pengantar_IQT.pdf

Download (364kB)
[img] Text
KHOIRIN NI'MAH_23380052011_Daftar Isi_IQT.pdf

Download (368kB)
[img] Text
KHOIRIN NI'MAH _ 23380052011 _Abstrak_IQT.pdf

Download (566kB)
[img] Text
KHOIRIN NI'MAH_23380052011_BAB I_IQT.pdf

Download (630kB)
[img] Text
KHOIRIN NI'MAH_23380052011_BAB II_IQT.pdf

Download (718kB)
[img] Text
KHOIRIN NI'MAH_23380052011_BAB III_IQT.pdf

Download (434kB)
[img] Text
KHOIRIN NI'MAH_23380052011_BAB IV_IQT.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KHOIRIN NI'MAH_23380052011_BAB V_IQT.pdf

Download (601kB)
[img] Text
KHOIRIN NI'MAH 23380052011 BAB VI IQT.pdf

Download (367kB)
[img] Text
KHOIRIN NI'MAH_23380052011_Daftar Rujukan IQT.pdf

Download (416kB)
[img] Text
Khoirin Ni’mah_Pernyataan Keaslian Tulisan_IQT.pdf

Download (473kB)
[img] Text
KHOIRIN NI'MAH_23380052011_Lampiran_IQT.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KHOIRIN NI'MAH_23380052011_Riwayat Hidup_IQT.pdf

Download (116kB)

Abstract

Kata kunci: Tradisi Pembacaan Ayat Al-Qur’an, Rātib al-Ḥaddād, Studi Living Qur’an, Pondok Pesantren Nahdhatut Ta’limiyah dan Pondok Pesantren Ummul Quro At-Tarbawiyah Putri. Kegiatan praktik yang telah diadakan secara rutinitas oleh para jamaah, hal ini dilakukan pada setiap malam Jumat setelah salat Maghrib sampai pukul 21.00 dan pukul 12.00 sampai pukul 01.00 dini hari dengan bacaan Rātib al-Ḥaddād yang bersumber dari Al-Qur’an Seperti surah al-Fatihah, al-Fālaq, an-Nās al-Kautsār, ayat kursi (al-Bāqarah (2): 255), al-Bāqarah (2): 285-286 dan an-Nisā’ (4):106 dan di Pondok Pesantren Ummul Quro At-Tarbawiyah Putri, Surah al-Fatihah ayat Kursi (al-Bāqarah (2): 255), al-Bāqarah (2): 285- 286.“(Studi Living Qur’an di Pondok Pesantren Nahdhatut Ta’limiyah dan Pondok Pesantren Ummul Quro At Tarbawiyah Putri)” Berdasarkan hal tersebut, maka ditemukan pokok permasalahan dalam penelitian ini; Pertama, bagaimana praktik pembaca pada kegiatan Rātib al Ḥaddād di Pondok Pesantren Nahdhatut Ta’limiyah dan Pondok Pesantern Ummul Quro At-Tarbawiyah Putri Pamekasan? Kedua, bagaimana harapan pembaca Rātib al-Ḥaddād pada masyarakat dan santriwati di Pondok Pesantren Nahdahtut Ta’limiyah dan Pondok Pesantren Ummul Quro At-Tarbawiyah Putri Pamekasan? Ketiga, bagaimana fungsi informatif dan performatif pada kegiatan Rātib al Ḥaddād pada masyarakat dan santriwati di Pondok Pesantren Nahdahtut Ta’limiyah dan Pondok Pesantren Ummul Quro At-Tarbawiyah Putri Pamekasan? Untuk mengetahui persmasalahan ini, penulis melakukan penelitian kualitataif dengan metode resepsi Al-Qur’an dan teori Abdur Rofiq dan Hand Robert Jauss. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, praktik pada kegiatan Rātib al-Ḥaddād dimulai dengan pembacaan burdah, rātib al-ḥaddād yang bersumber dari Al-Qur’an, selawat Nabi dan surah Munjiyat. Kedua,harapan pembaca pada kegiatan Rātib al-Ḥaddād. Fokus terhadap cara yang telah digunakan pembaca untuk memahami teks, sehingga harapan pembaca terdapat harapan secara meluas, seperti bermunajat kepada Allah SWT dengan harapan untuk mencapai tujuan yang mampu dalam menjalankan kehidupan sehari-hari dan harapan secara menyempit seperti terlaksananya mengikuti kegiatan Rātib al-Ḥaddād secara istikamah. Ketiga, fungsi informatif yang memberikan terhadap informasi bagi para pembaca yang melaksanakannya sehingga sampai terstruktur terhadap pokok pembahasan teks yang akan dibaca oleh anggota jamaah, dan fungsi performatif pembaca teks harus melakukan dengan pembacaan teks yang telah digunakan terhadap kebutuhan yang dilakukukan oleh para pembaca. Karena merupakan fenomena yang terjadi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pascasarjana
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 08 Sep 2025 02:10
Last Modified: 08 Sep 2025 02:10
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8514

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item