Anita, Rosalina (2020) Persaingan Pedagang Tempe Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam di Kolpajung Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) Anita Rosalina_20160703030024_Cover_ES..pdf Download (181kB) |
|
Text
c) Anita Rosalina_20160703030024_Lembar Persetujuan Pembimbing_ES.pdf Download (223kB) |
|
Text
d) Anita Rosalina_20160703030024_Lembar Pengesahan_ES.pdf Download (182kB) |
|
Text
e) Anita Rosalina_20160703030024_Abstrak_ES.pdf Download (147kB) |
|
Text
f) Anita Rosalina_20160703030024_Daftar Isi_ES.pdf Download (160kB) |
|
Text
g) Anita Rosalina_20160703030024_BAB I_ES.pdf Download (550kB) |
|
Text
h) Anita Rosalina_20160703030024_BAB II_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) |
|
Text
i) Anita Rosalina_20160703030024_BAB III_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
|
Text
j) Anita Rosalina_20160703030024_BAB IV_ES.pdf Download (486kB) |
|
Text
k) Anita Rosalina_20160703030024_BAB V_ES.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
|
Text
l) Anita Rosalina_20160703030024_Daftar Pustaka_ES.pdf Download (356kB) |
|
Text
b) Anita Rosalina_20160703030024_Surat Pernyataan Keaslian Tulisan_ES.pdf Download (253kB) |
Abstract
Kata kunci: Persaingan, Pedagang Tempe, Etika Bisnis Islam. Kehidupan masyarakat banyak sekali aktivitas yang melibatkan diri kita dengan orang lain seperti dalam perdagangan khususnya muamalah jual beli, dan berbagai muamalah lainnya. Dalam agama Islam mengajarkan etika yang harus dipenuhi dan dilakukan oleh pelaku bisnis dalam melakukan perdagangan atau persaingan. Persaingan dapat diartikan sebagai suatu proses sosial, individu atau kelompok-kelompok manusia yang bersaing dengan mencari keuntungan melalui bidang-bidang kehidupan yang pada suatu masa tertentu menjadi pusat perhatian umum (baik perseorangan maupun kelompok manusia) dengan cara menarik perhatian atau dengan cara mempertajam prasangka yang ada tanpa menggunakan ancaman atau kekerasan. Berdasarkan hal tersebut maka ada dua fokus yang menjadi pembahasan pokok dalam skripsi yang berjudul persaingan pedagang tempe dalam persepektif etika bisnis islam di Kolpajung Pamekasan, yaitu pertama: bagaimana kondisi persaingan pedagang tempe di Kolpajung Pamekasan; Kedua: Bagaimana pedagang tempe menerapkan etika bisnis Islam di Kolpajung Pamekasan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persaingan-persaingan pedagang tempe di Kolpajung. Penlitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Informannya adalah masyarakat kelurahan Kolpajung. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, persaingan pedagang tempe di desa kolpajung Kabupaten pamekasan dapat dilihat dari persaingannya yaitu ada sisi positif dan sisi negatif dimana segi positif dapat di lihat dari tidak menggunakan bahan pengawet, sedangkan negatifnya tempe yang tidak terjual diolah kembali. Setiap pabrik tempe memiliki keunggulan yang berbeda-beda, diantaranya dari segi kemasan, harga serta layanan yang diberikan oleh pedagang tempe. Kedua, Etika Bisnis Islam Yang Telah Diterapkan Pedagang Tempe Di Kolpajung yaitu pedagang beserta karyawan-karyawan menerapkan sikap yang sopan dan ramah. Etika yang digunakan oleh pedagang-pedagang tempe tidak menggunakan amalan-amalan ghaib karena saya percaya bahwa rejeki setiap orang sudah diatur oleh Allah SWT.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 23 Feb 2021 03:49 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 02:23 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/857 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |