Nayyiroh, Nayyiroh (2020) Implementasi Metode Bercerita (StoryTelling) dalam Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Di TK Insan Kamil Lenteng Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1 SAMPUL - NAYYIROH 20160701060040.pdf Download (75kB) |
|
Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN - NAYYIROH 20160701060040.pdf Download (28kB) |
|
Text
3 HALAMAN PENGESAHAN - 20160701060040.pdf Download (47kB) |
|
Text
4 ABSTRAK - NAYYIROH 20160701060040.docx Download (13kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR - NAYYIROH 20160701060040.pdf Download (274kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI - NAYYIROH 20160701060040.pdf Download (83kB) |
|
Text
7 BAB I - NAYYIROH 20160701060040.pdf Download (523kB) |
|
Text
8 BAB II - NAYYIROH 20160701060040.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
|
Text
9 BAB III - NAYYIROH 20160701060040.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
|
Text
10 BAB IV - NAYYIROH 20160701060040.pdf Download (622kB) |
|
Text
11 BAB V - NAYYIROH 20160701060040.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
|
Text
12 DAFTAR RUJUKAN - NAYYIROH 20160701060040.pdf Download (292kB) |
|
Text
13 PERNYATAAN KEASLIAN - NAYYIROH 20160701060040.pdf Download (47kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN - NAYYIROH 20160701060040.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
Abstract
Anak usia dini, dimana masa ini adalah masa keemasan, masa pemberian stimulus. Metode bercerita (StoryTelling) merupakan sebuah metode yang dilakukan dengan cara menceritakan suatu peristiwa baik yang terjadi maupun yang tidak benar-benar terjadi kepada seseorang, salah satunya bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan spiritual yakni suatu kemampuan yang dimiliki anak untuk memahami dirinya sendiri yang berkaitan dengan keyakinannya atau Tuhannya. Kajian pokok yang tersaji dalam penelitian ini adalah: pertama, bagaimana implementasi metode bercerita (StoryTelling) dalam pengembangan kecerdasan spiritual anak di TK Insan Kamil Lenteng Sumenep; kedua, faktor pendukung dan faktor pendukung implementasi metode bercerita (StoryTelling) dalam pengembangan kecerdasan spiritual anak; ketiga, apa saja manfaat dari implementasi metode bercerita (StoryTelling) dalam pengembangan kecerdasan spiritual anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru, orang tua dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan peneliti dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, implementasi metode bercerita (StoryTelling) dalam pengembangan kecerdasan spiritual anak di TK Insan Kamil Lenteng Sumenep dilakukan dengan persiapan terlebih dahulu kemudian dilanjutkan pada proses bercerita yang diawali dengan menceritakan gambaran isi cerita, dilanjutkan isi cerita, cerita juga diselipkan dengan motivasi atau nilai-nilai kebaikan. Kedua, implementasi metode bercerita (StoryTelling) dalam pengembangan kecerdasan spiritual anak memiliki dua faktor yaitu: (a) faktor pendukung, yaitu: Dukungan dari orang tua, dan kekreatifan guru. (b) faktor penghambat, yaitu: kurangnya media, dan kurangnya minat anak terhadap bercerita. Ketiga, manfaat dari pembelajaran tersebut yaitu dapat mengembangkan dimensi perasaan, dan menambah Pengetahuan anak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 14 Aug 2020 05:27 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 02:48 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/104 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |