Juhairiah, Juhairiah (2020) Kedisiplinan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Di SMKN 1 Proppo Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) Juhairiah _ 20160701070049 _ Sampul _ Tbin.pdf Download (34kB) |
|
Text
c) Juhairiah _ 20160701070049 _ Lembar Persetujuan Pembimbing _ Tbin.pdf Download (12kB) |
|
Text
d) Juhairiah _ 20160701070049 _ Lembar Pengesahan _ Tbin.pdf Download (190kB) |
|
Text
e) Juhairiah _ 20160701070-049 _ Abstrak _ Tbin.docx Download (15kB) |
|
Text
f) Juhairiah _ 201600701070049 _ Daftar Isi _ Tbin.pdf Download (94kB) |
|
Text
g) Juhairiah _ 20160701070049 _ Bab I _ Tbin.pdf Download (176kB) |
|
Text
h) Juhairiah _ 20160701070049 _ Bab II _ Tbin.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
|
Text
i) Juhairiah _ 2016070170049 _ Bab III _ Tbin.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
|
Text
j) Juhairiah _ 20160701070049 _ Bab IV _ Tbin.pdf Download (254kB) |
|
Text
k) Juhairiah _ 20160701070049 _ Bab V _ Tbin.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
Text
l) Juhairiah _ 20160701070049 _ Daftar Rujukan _ Tbin.pdf Download (162kB) |
|
Text
b) Juhairiah _ 20160701070049 _ Surat Pernyataan Keaslian karya dan Persetujuan Publikasi _ Tbin.pdf Download (242kB) |
Abstract
Sekolah yang bermutu salah satunya dapat dilihat dari kedisiplinan guru dan siswa, dalam kehidupan apapun kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan akan bernilai baik jika dilakukan dengan disiplin, sama halnya ketika belajar setiap malam, otomatis proses belajar dan dampaknya akan bernilai positif dengan mendapatkan nilai yang baik, dijadikan tauladan atau contoh untuk teman-temannya, begitupun seorang pengajar jika tepat waktu dalam mengajar, maka keberhasilan dalam mengajar akan tercapaikan, jadi kedisiplinan sangatlah penting. Berdasarkan hal tersebut, maka dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimanakah kedisiplinan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMKN 1 Proppo Pamekasan; kedua, Bagaimanakah pengaruh kedisiplinan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas X di SMKN 1 Proppo Pamekasan; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara tidak terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Informannya adalah guru bahasa Indonesia, waka kehumasan, dan siswa kelas X. sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamatan, triangulasi dan kecukupan refrensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama dalam kedisiplinan guru dalam sekolah sudah disiplin dengan jam masuk sekolah sesuai peraturan sekolah, melaksanakan breefing atau evaluasi setiap minggu, menyiapkan kebutuhan ujian siswa tepat waktu, disiplin dalam melaksanakan jadwal piket (menjaga gerbang), mengajar sesuai jam pelajaran, guru berjamaah bersama siswa, menerapkan budaya salam, dan siswa yang telat disanksi guru. Kedua dampak kedisiplinan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa meliputi pengaruh positif yaitu patuh terhadap peraturan sekolah, prestasi dan harga diri (mengikuti lomba dan sajungan dari guru serta teman-temannya), pandai mengatur waktu, membangun kpribadian, aktif dalam mengikuti pembelajaran (aktif bertanya dan menjawab).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m_071 ?? ?? m_072 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Albab 199204152019031005 Albaburrahim |
Date Deposited: | 14 Aug 2020 05:31 |
Last Modified: | 14 Aug 2020 05:31 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/108 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |