Hozaimah, Hozaimah (2020) Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V MI Nurul Fata Rombuh Palengaan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1 SAMPUL.pdf Download (114kB) |
|
Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
3 HALAMAN PENGESAHANpengesahan.pdf Download (1MB) |
|
Text
4 ABSTRAK.docx Download (14kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (159kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI.pdf Download (137kB) |
|
Text
7 BAB I.pdf Download (216kB) |
|
Text
8 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
|
Text
9 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
|
Text
10 BAB IV.pdf Download (421kB) |
|
Text
11 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
Text
12 DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (161kB) |
|
Text
13 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
15 RIWAYAT HIDUP.pdf Download (32kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Inkuiri, Minat Belajar Dalam kegiatan belajar mengajar siswa dituntut agar bisa aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, selain itu guru harus bisa memilih metode yang cocok dalam pembelajaran, terutama dalam pembelajaranIPA. Dari beberapa Strategipembelajaran yang ada Strategi Pembelajaran Inkuiri disini sangat cocok digunakan dalam proses pembelajaran disini siswa dilatih untuk bisa meningkatkan kemampuan belajar secara aktif dan menyenangkan Adapun fokus penelitian ini: pertama Apakah penerapan Strategi pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V MI Nurul Fata?Kedua Bagaimana hasil penerapan Strategi pembelajaran Inkuiri dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran IPA? Penelitian ini merupakan Penelitian Tinakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di MI Nurul Fata Rombuh Palengaan Pamekasan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan perpaduan antara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Adapun hasil penelitian pada siklus I pertemuan pertama menunjukkan rata-rata persentase minat belajar siswa tergolong dalam kategori kurang sekali yaitu 38,75% dan pada pertemuan kedua rata-rata persentase minat belajar siswa mencapai 58,75%. Pada siklus II pertemuan pertama rata-rata persentase minat belajar siswa sudah mengalami peningkatan meskipun masih belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 70% dalam kategori cukup. Pada pertemuan kedua rata-rata persentase minat belajar siswa mengalami peningkatan yang sangat signifikan yaitu mencapai 83,75% dengan kategori baik sekali.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 23 Feb 2021 03:12 |
Last Modified: | 23 Feb 2021 03:12 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1087 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |