Arifah, Fitriyatul (2019) Penerapan Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SDN Larangan Badung 1 Palengaan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1 SAMPUL - FITRIYATUL ARIFAH 18201501050025.pdf Download (209kB) |
|
Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN - FITRIYATUL ARIFAH 18201501050025.pdf Download (25kB) |
|
Text
3 HALAMAN PENGESAHAN - FITRIYATUL ARIFAH 18201501050025.pdf Download (39kB) |
|
Text
4 ABSTRAK - FITRIYATUL ARIFAH 18201501050025.docx Download (22kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI-FITRIYATUL ARIFAH 18201501050025.pdf Download (164kB) |
|
Text
7 BAB I-FITRIYATUL ARIFAH 18201501050025.pdf Download (138kB) |
|
Text
8 BAB II-FITRIYATUL ARIFAH 18201501050025.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
|
Text
9 BAB III-FITRIYATUL ARIFAH 18201501050025.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
Text
10 BAB IV-FITRIYATUL ARIFAH 18201501050025.pdf Download (590kB) |
|
Text
11 BAB V-FITRIYATUL ARIFAH 18201501050025.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
12 DAFTAR RUJUKAN-FITRIYATUL ARIFAH 18201501050025.pdf Download (121kB) |
|
Text
13 PERNYATAAN KEASLIAN - FITRIYATUL ARIFAH 18201501050025.pdf Download (51kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN - FITRIYATUL ARIFAH 18201501050025.pdf Download (2MB) |
|
Text
15 RIWAYAT HIDUP-FITRIYATUL ARIFAH 18201501050025.pdf Download (128kB) |
Abstract
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Model Jigsaw Dari hasil observasi awal di SDN Larangan Badung 1 guru masih menggunakan metode ceramah dalam mengajar sehingga motivasi siswa untuk belajar masih rendah. Siswa kurang antusias dalam belajar karena proses pembelajaran masih bersifat teacher centered, selain itu materi IPS yang disampaikan bersifat teori dan hafalan sehingga siswa merasa bosan dan jenuh. Model Jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif yang fleksibel, yang menekankan kerjasama dalam kelompok, sehingga model pembelajaran kooperatif Model Jigsaw ini mampu mengatasi masalah rendahnya motivasi belajar siswa Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: pertama Apakah penerapan model jigsaw dapat meningkatkan Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN Larangan Badung 1 Palengaan Pamekasan? Kedua Bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN Larangan Badung 1 setelah menerapkan Model Jigsaw? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Larangan Badung . pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan perpaduan antara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I pertemuan pertama menunjukkan rata-rata persentase motivasi belajar siswa tergolong dalam kategori kurang sekali yaitu 37,5% dan pada pertemuan kedua rata-rata persentase motivasi belajar siswa mencapai 57,5%. Pada siklus II pertemuan pertama rata-rata persentase motivasi belajar siswa sudah mengalami peningkatan meskipun masih belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 75% dalam kategori cukup. Pada pertemuan kedua rata-rata persentase motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yang sangat signifikan yaitu mencapai 85% dengan kategori baik sekali.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 23 Feb 2021 03:10 |
Last Modified: | 23 Feb 2021 03:10 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1089 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |