Istiatur, Rini (2020) Penerapan Metode Role Playing untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Bulay II Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan Tahun ajaran 2018/2019. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1. Halaman Sampul-ISTIATUR RINI 18201501050047.pdf Download (36kB) |
|
Text
3. Hlm. Persetujuan-ISTIATUR RINI 18201501050047.pdf Download (180kB) |
|
Text
4. Hlm. Pengesahan-ISTIATUR RINI 18201501050047.pdf Download (193kB) |
|
Text
5. ABSTRAK-ISTIATUR RINI 18201501050047.docx Download (14kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI-ISTIATUR RINI 18201501050047.pdf Download (157kB) |
|
Text
8. BAB I-ISTIATUR RINI 18201501050047.pdf Download (410kB) |
|
Text
9. BAB II-ISTIATUR RINI 18201501050047.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
|
Text
10. BAB III-ISTIATUR RINI 18201501050047.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) |
|
Text
11. BAB IV-ISTIATUR RINI 18201501050047.pdf Download (944kB) |
|
Text
12.BAB V-ISTIATUR RINI 18201501050047.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN-ISTIATUR RINI 18201501050047.pdf Download (157kB) |
|
Text
14. Pernyataan Keaslian Tulisan-ISTIATUR RINI 18201501050047.pdf Download (241kB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode role playing, Hasil Belajar IPS Penguasaan metode pembelajaran sangat penting bagi guru, karena kalau hanya dengan metode ceramah saja tanpa disertai praktek sulit bagi siswa untuk memahamimateri. Begitulah yang terjadi di SDN Bulay II Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan, siswa hanya mendapatkan materi tanpa disertai praktek pada penggunaan teori dalam kehidupan nyata. Akibatnya hasil belajar siswa rendah. Sehingga peneliti tertarik untuk mencoba menggunakan metode roleplayingdalam mata pelajaran IPS kelas V pada bagian kegiatan ekonomi Indonesia , untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada kelas V SDN Bulay II Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut maka beberapa permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu bagaimana penerapan metode role playing pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas V di SDN Bulay II Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan Tahun ajaran 2018/2019. Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Bulay II Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan Tahun ajaran 2018/2019. Bagaimana efektifitas penerapan metode role playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS di SDN Bulay II. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model siklus Stephen Kemmis dan Robbin Mc Taggart yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa dan objeknya adalah pembelajaran IPS siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitaf. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS, peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari meningkatnyahasil ketuntasan belajar siswa dari rata-rata nilai pada data awal siswa yaitu 67,5 dan memiliki ketuntasan belajar sebesar 45% dan pada akhir siklus pertama nilai rata-rata siswa menjadi 70,5 dengan ketuntasan belajarnya menjadi 55% dan pada akhir siklus kedua nilai rata-rata siswa naik menjadi 78,5 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 75%. Selain itu untuk memperkuat penelitian, peneliti juga melakukan pos tes pada pasca siklus dengan nilai rata-rata siswa yaitu 80,75 dengan ketuntasan belajar siswa yang mencapai 85%. Untuk keaktifan siswa juga mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_048 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 23 Feb 2021 03:08 |
Last Modified: | 23 Feb 2021 03:08 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1091 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |