Kiprah Kiai dalam Mempertahankan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Langghar di Kecamatan Palengaan Pamekasan (Studi Kasus di Langghar Nurul Huda Desa Potoan Daya,Langghar Baiturrahman dan Langghar Darul Hikam Desa Palengaan Laok ),

Baisuni, Baisuni (2021) Kiprah Kiai dalam Mempertahankan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Langghar di Kecamatan Palengaan Pamekasan (Studi Kasus di Langghar Nurul Huda Desa Potoan Daya,Langghar Baiturrahman dan Langghar Darul Hikam Desa Palengaan Laok ),. Masters thesis, IAIN Madura.

[img] Text
BAISUNI_20160721051_COVER_PAI.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAISUNI_20160721051_PERNYATAAN KEASLIAN_PAI.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAISUNI_20160721051_PERSETUJUAN_PAI.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAISUNI_20160721051_PENGESAHAN_PAI.pdf

Download (399kB)
[img] Text
ABSTRAK INDONESIA+ARAB(Revisi).pdf

Download (837kB)
[img] Text
BAISUNI_20160721051_DAFTAR ISI_PAI.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAISUNI_20160721051_BAB I_PAI.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAISUNI_20160721051_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
BAISUNI_20160721051_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
BAISUNI_20160721051_BAB IV_PAI.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAISUNI_20160721051_BAB V_PAI.pdf

Download (572kB)
[img] Text
BAISUNI_20160721051_BAB VI_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
BAISUNI_20160721051_DAFTAR PUSTAKA_PAI.pdf

Download (370kB)

Abstract

ABSTRAK Baisuni, 2020, Kiprah Kiai dalam Mempertahankan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Langghar di Kecamatan Palengaan Pamekasan (Studi Kasus di Langghar Nurul Huda Desa Potoan Daya,Langghar Baiturrahman dan Langghar Darul Hikam Desa Palengaan Laok ), Tesis, Program Megister pendidikan Islam Pascasarjana IAIN Madura, Pembimbing: Dr.H.Zainuddin Syarif, M.Ag. dan Dr.H.Moh.Muchlis Solichin, M.Ag. Kata kunci: Kiai,Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), Langghar Kiai merupakan sosok panutan yang memiliki peran penting di masyarakat. Selain sebagai teladan, kiprah kiai terlihat dalam mempertahankan nilai-nilai pembelajaran Pendidikan Agama Islam di setiap sudut-sudut desa bernama Langghar, dengan semangat serta konsistensi (istiqomah) dalam menjelankan sistem pendidikan Agama Islam mulai dari bahan ajar, metode dan evaluasi tercipta generasi-generasi penerus bangsa yang tidak hanya mengetahui tentang keislaman namun juga diarahkan pada pengamalan. Adanya kiai beserta Langghar-nyamemilikimisi dalam membumikan pemahaman keagamaan. Fokus persoalan dalam penelitian ini adalah apa saja cakupan materi pembelajaran pendidikan Agama Islam yang dilakukan Kiai dalam kiprahnya sebagai Kiai di Palengaan? Bagaimana metode pembelajaran kiai dalam mempertahankan pembelajaran pendidikan Agama Islam di Palengaan Pamekasan?Faktor apa saja sebagai pendukung dan penghambat serta bagaimana kiai mengatasi hambatan tersebut dalam kiprahnya mempertahankan pembelajaranPendididikan Agama Islam di Palengaan Pamekasan?. Pengambilan lokasi di Kecamatan Palengaan Pamekasan, mengambil dua Desa yaitu Desa Potoan Daya dan Desa Potoan Laok. Jenis penelitian berbentuk lapangan kualitatif sering disebut dengan pendekatan naturalistik dan menggunakan proses analisis secara deskriptif interpretatif. Pada hasil penelitian memperlihatkan pertama cakupan penggunaan materi bahan ajar dan metode kiai di Langghar bervariasi namun lebih mempertahankan bahan ajar lama dalam proses belajar Al-Qur’an dan pengembangan pengetahuan keislamn seperti Al-Magdadi dan ca’bacaan (Madura: bahan ajar yang terdiri dari beberapa materi Pendidikan Agama Islam yang meliputi aqoid dan fikih seharihari) meskipun sudah ada sebagain juga yang telah menggunakan Amsilati dengan disertai belajar kitab kuning. Kedua, dalam proses belajar mengajar kiai masih menggunakan metode sorogan, bandongan, hafalan dan ceramah. Metode tersebut dianggap masih efektif dalam mempertahankan nila-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI). Ketiga, faktor pendukung dalam mempertahankan pembelajaran pndidikan agama Islam adalah disertai keikhlasan dan kesungguhan kiai dalam menjelankan aktifitas proses belajar mengajar di Langghar. Sementara faktor penghambatnya ada pada Santri dan Masyarakat. Temuan penelitian di atas menunjukkan secara legalitas sosial ada pengakuan terutama di kampung-kampung bahwa kiai memiliki kiprah sebagai pendiri dan pengelola lembaga pendidikan non formal yaitu Langghar yang berdasarkan pada pengalaman pribadi kiai selama belajar dan memperolah ilmu di sebuah pesantren. Keterbatasan waktu mengharuskan penelitian ini disesuaikan dengan lokus mengambil tema kiprah kiai dalam mempertahankan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berlokasi di Kecamatan Palengaan Pamekasan. ملخص البحث ت١سٟٛٔ 0202 دٚس و١اٟ٘ فٟ احرفا ظ ذؼٍ١ ُاٌرشت١حاٌذ٠ٕ١ح اإلسال ِ١ح فٟ ِظٍٝ تٕاح١ح تٍٕعائٓ تاِىاسٓ ) دساسح اٌحاٌح اٌّرؼذدج فِٟظٍٝ ت١د اٌشحّٓ ِٚظٍٝ داس اٌحىُ تمش٠ح تٍٕعائٓ ظٕٛتٟ شُ ِظٍٝ ٔٛس اٌٙذٜ تمش٠ح تٛذإْ شّاٌٟ( سساٌح اٌّاظسر١ش، لسُ اٌرشت١ح وٍ١ح اٌذساساخ اٌؼٍ١ا ظاِؼح ِادٚسااإلسالِ١ح اٌحىِٛ١ح ذحد اٌّششف :اٌذورٛس اٌحاض ص٠ ٓاٌذ٠ ٓشش٠ف اٌّاظسر١ش ٚاٌذورٛس اٌحاض دمحم ِخٍض اٌظاٌح١ ٓاٌّاظسر١ش. اٌىّاخ اٌشئ١س١ح: و١اٟ٘, ذؼٍ١ ُاٌرشت١ح اٌذ٠ٕ١ح اإلسالِ١ح,)ِظٍٝ( و١اٟ٘ ٘ٛ ّٔٛرض ٠حرزٜ تٗ ٚ٠ٍؼة دٚسا ِّٙا فٝ اٌعرّغ. تظشف إٌظشػٓ وٛٔٗ ّٔٛرظا ٠حرزٜ تٗ، ٠ّىٓ سؤ٠ح ػٍّٗ فٝ االحرفاظ ػٍٝ ل١ ُذؼٍُ اٌرشت١ح اإلسالِ١ح فٝ وً سوٓ ِٓ اسواْ اٌمش٠ح اٌّسّاج ب ) ِظٍٝ( تحّاسح ٚاسرماِح فٝ ذٕف١ز ٔظاَ اٌرؼٍ١ ُاٌذ٠ٕٟ اإلسالِٟ تذءا ِٓ ِٛاد اٌرذس٠س ٚاألساٌ١ة ٚاٌرمذ٠ش اٌرٟ أشأخ االظ١اي خٍ١فح االِح، ٌٚ١س ٌذ٠ِّٙ ُٙح ٌرأس١س فُٙ د٠ٕٟ فٝ اٌز٠ال٠ؼشف االسالَ فحسة.تً ٘ٛ ِٛظٗ اٌٝ اٌّّا سسح . اْ و١اٟ٘ ِٚا ٠رؼٍك تٗ ِٓ ِظٍٝ ٘ٛأرشاسػٍٝ فُٙ د٠ ٓاإلسالَ . ٚاٌرشوض فٝ ٘زا اٌثحس ِ٘ٛا٘ٛٔطاق ِادج ذؼٍ١ ُاٌرشت١ح اإلسالِ١ح اٌرٟ لاَ تٙا فٝ االحرفاظ ػٍٝ ذؼٍ١ ُاٌرشت١ح اٌذ٠ٕ١ح اإلسالِ١ح تثٍٕعائٓ تاِىاسٓ؟ ٚو١ف طش٠مح ذؼٍ١ ُو١اٟ٘ فٝ احرفاط ذؼٍ١ ُاٌرشت١ح اٌذ٠ٕ١ح اإلسالِ١ح تثٍٕعائٓ تاِىاسٓ؟ ِا ٟ٘ اٌؼٛاًِ اٌذاػّح ٚاٌؼشال١ٚ ًو١ف حً ٚذعاٚص و١اٟ٘ ػٍٝ رٌه احرفاظا ػٍٝ ذؼٍ١ ُاٌرشت١ح اٌذ٠ٕ١ح اإلسالِ١ح تٍٕعائٓ تاِىاسٓ؟ ِىاْ اٌثحس فٟ ٔاح١ح تٍٕعائٓ تاِىاسٓ فٟ لش٠ح تٍٕعائٓ ظٕٛتٟ ٚلش٠ح تٛذإْ شّاٌٟ ٚ٠شاس ئٌٝ ٘زا إٌٛع ِٓ اٌثحس فٝ شىً ِعاي ٔٛػٟ ػٍٝ أٗ ٔٙط طث١ؼٟ ٚ٠سرخذَ ػٍّ١ح ذحٍ١ ً ٚطفٟ ذفس١ش٠ح. ذظٙش ٔرائط اٌثحس اٚال أْ ذغط١ح اسرخذاَ اٌّٛاد اٌرؼٍ١ّ١ح ٚاساٌ١ة و١اٟ٘ فٟ ِظٍٝ ذحرٍف، ٌىٓ االوصش اٌخفاظ ػٍٝ اٌّٛاد اٌرؼٍ١ّ١ح اٌمذ٠ّح فٟ ػٍّ١ح ذؼٍُ اٌمشاْ ٚذّٕ١ح اٌّؼشفح اإلسالِ١ح ِصً طش٠مح اٌثغذاد٠ح ٚذىش٠شاٌمشاءاخ )ِادج ذؼٍ١ّ١ح ذرىْٛ ِٓ تؼض ِٛاد اٌرشت١ح االسالِ١ح اٌرٝ ذشرًّ اٌفمٙٛاٌؼمائذ اٌ١ِٛ١ح ( سغُ اْ اٌثؼض ئسرخذَ وراب أِصٍرٟ ِظحٛتح تذساسح اٌىراب اٌرشاز . شأ١ا فٟ ػٍّ١ح اٌرذس٠س ٠سرخذَ اساٌ١ة ذمذ٠ ُاٌمشاءج ٚاٌحفع ٚاٌّحاظشج. الذضاي ٘زٖ اٌطش٠مح ِإششج فؼ اٌح فٟ احرفاظ ػٍٝ ل١ ُ اٌرشت١ح اٌذ٠ٕ١ح االسالِ١ح . شاٌصا اٌؼاًِ اٌذاػُ فٟ اٌخفاظ ػٍٝ اٌرؼٍ١ ُاٌذ٠ٕٟ اإلسالِٟ ٟ٘ اخالص و١اٟ٘ فٝ ذٕف١ز أشطح ػٍّ١ح اٌرذس٠س ٚاٌرؼٍُ فٝ ِظٍٝ. ٚاٌؼاًِ اٌّشثط ٘ٛ) اٌرالِ١ز( ٚاٌّعرّغ . ذظٙش ٔرائط اٌثحس اػالٖ، اْ ٕ٘ان اػرشافا اظرّاػ١ا لأٛٔ١ا، خاطح فٝ اٌمشٜ اْ و١اٟ٘ ٌٗ دٚس وّإسس ِٚذ٠ش ٌّإسسح ذؼٍ١ّ١ح غ١ش سسّ١ح ٟٚ٘ ِظٍٝ ٚاٌرٝ ذسرٕذ اٌٝ ذعشتح شخظ١ح و١اٟ٘ اشٕاء اٌذساسح ٚاورساب اٌّؼشفح فٝ ِذسسح داخٍ١ح اسالِ١ح. ذرطٍة اٌم١ٛد اٌضِأ١ح اْ ٠رُ ذؼذ٠٘ ًزا اٌثحس ٚفما ٌٍّٛضٛع اٌزٞ ٠أخز ِٛضٛع ػًّ و١اٟ٘ فٝ اٌخفاظ ػٍٝ ذؼٍ١ ُاٌرشت١ح اٌذ٠ٕ١ح اإلسالِ١ح اٌزٞ ٠مغ فٝ ِٕطمح تإٌعائٓ تاِىاساْ

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? m_014 ??
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr rony hari
Date Deposited: 24 Feb 2021 03:24
Last Modified: 24 Feb 2021 03:24
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1107

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item