Manajemen Peserta Didik di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan

Baroroh, Kiromim (2020) Manajemen Peserta Didik di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Kiromim Baroroh_20160701040104_Cover_MPI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Kiromim Baroroh_20160701040104_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_MPI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
Kiromim Baroroh_201607001040104_LEMBAR PENGESAHAN_MPI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Kiromim Baroroh_201607001040104_Abstrak_MPI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
Kiromim Baroroh_20160701040104_Daftar Isi_MPI.pdf

Download (68kB)
[img] Text
Kiromim Baroroh_20160701040104_BAB I_MPI.pdf

Download (140kB)
[img] Text
Kiromim Baroroh_20160701040104_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
Kiromim Baroroh_20160701040104_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
Kiromim Baroroh-20160701040104_BAB IV_MPI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
Kiromim Baroroh-20160701040104_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] Text
Kiromim Baroroh_20160701040104_Daftar_Pustaka_MPI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Kiromim Baroroh_20160701040104_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_MPI.pdf

Download (212kB)

Abstract

Manajemen peserta didik adalah usaha pengaturan terhadap peserta didik mulai dari peserta didik masuk sekolah sampai dengan mereka lulus sekolah. Usaha tersebut mencakup layanan yang memusatkan perhatian pada pengaturan, pengawasan, dan layanan peserta didik di kelas dan diluar kelas. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana manajemen peserta didik di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan; kedua, bagaimana pembinaan dan pengembangan peserta didik di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan; dan ketiga, faktor pendukung dan penghambat manajemen peserta didik di MP Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis wawancara yang digunakan adalah wawancara tak terstruktur, sedangkan jenis observasi yang digunakan adalah observasi partisipan. Informannya adalah kepala sekolah, guru, siswa dan staff tata usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, manajemen peserta didik di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan dilakukan sejak peserta didik masuk sekolah hingga peserta didik lulus dari sekolah. Kedua, sekolah telah melakukan penanaman karakter dalam keseharian siswa terutama dalam hal agama. Sekolah juga telah memaksimalkan kegiatan pembelajaran didalam kelas dan kegiatan ekstrakurikuler. Ketiga, faktor pendukung disana adalah adanya tenaga pendidik yang profesional, sarana prasarana yang memadai, adanya kerja sama yang baik antara sekolah dengan orang tua siswa dan lembaga bimbingan belajar. Faktor penghambatnya adalah status sekolah swasta dan lokasi sekolah kurang strategis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71G ??
?? m71H ??
?? m_071 ??
?? m_073 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs. Fatimah Aria Utami
Date Deposited: 24 Mar 2021 03:13
Last Modified: 24 Mar 2021 03:13
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1149

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item