Karmila, Karmila (2020) Penerapan Metode Pembelajaran Permainan (Games) Dalam Menumbuhkan Semangat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh Di Mts. Nurul Hidayah Cehkonceh Birem Tambelangan Sampang. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
a. Karmila-18201301010131-Sampul-PAI.pdf Download (36kB) |
|
Text
c. Karmila-18201301010131-Halaman Persetujuan-PAI.pdf Download (22kB) |
|
Text
d. Karmila-18201301010131-Halaman Pengesahan-PAI.pdf Download (32kB) |
|
Text
e. Karmila-18201301010131-Abstrak-PAI.pdf Download (19kB) |
|
Text
f. Karmila-18201301010131-Daftar Isi-PAI.pdf Download (18kB) |
|
Text
g. Karmila-18201301010131-BAB I-PAI.pdf Download (31kB) |
|
Text
h. Karmila-18201301010131-BAB II-PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
|
Text
i. Karmila-18201301010131-BAB III-PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
|
Text
j. Karmila-18201301010131-BAB IV-PAI.pdf Download (139kB) |
|
Text
k. Karmila-18201301010131-BAB V-PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
l. -Karmila-18201301010131Daftar Pustaka-PAI.pdf Download (22kB) |
|
Text
b. Karmila-18201301010131-Pernyataan Keaslian Tulisan-PAI.pdf Download (7kB) |
Abstract
Banyak variasi permainan yang digunakan oleh guru fiqh di sekolah ini untuk memberikan informasi melalui cara yang berbeda agar siswa tidak merasa bosan pada saat proses pembelajaran, Misalnya : teka-teki silang, puzzle dan tebak gambar. Selain itu, mata pelajaran Fiqh merupakan salah satu mata pelajaran yang berisi materi yang mudah disesuaikan dengan berbagai metode permainan, salah satunya metode permainan puzzle yang digunakan di materi Shalat wajib kelas VII semester genep. Dengan penjelasan di atas maka memunculkan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu; pertama, Bagaimana penerapan metode pembelajaran permainan (Games) dalam menumbuhkan semangat belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di MTs. Nurul Hidayah Cehkonceh Birem Tambelangan Sampang ? Kedua, Apa faktor pendukung dan penghambat dalam Pembelajaran permainan (Games) dalam menumbuhkan semangat belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di MTs. Nurul Hidayah Cehkonceh Birem Tambelangan Sampang ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Penerapan Metode Pembelajaran Permainan (Games) dalam Menumbuhkan Semangat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqh di MTs. Nurul Hidayah Cehkonceh Birem Tambelangan Sampang. a. langkah-langkah sebelum penerapan metode pembelajaran permainan (games) yaitu : 1) Membuat perangkat pembelajaran meliputi RPP dan Silabus. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) memiliki beberapa komponen seperti : KI, KD, Tujuan pembelajaran, metode, alat dan bahan yang digunakan, sumber belajar, langkah-langkah proses pembelajaran meliputi (pembukaan, isi, dan penutup), tugas dan penillaian. 2) mempersiapkan penerapan metode yang digunakan. Dalam hal ini adalah mempersiapkan media dan sumber belajar yang berhubungan dengan metode permainan. b. Langkah-langkah proses penerapan metode pembelajaran permainan yaitu : 1) Pembukaan, 2) Proses pembelajaran menggunakan metode games, 3) Penutup/closing. c. Penggunaan metode pembelajaran permainan (games). Ada banyak metode yang digunakan dalam proses pembelajaran yaitu metode umum dan metode khusus. Metode umum yaitu metode yang biasa digunakan oleh setiap guru, misalkan metode ceramah, tanya jawab. Metode khusus adalah metode yang sesuai dengan materi yang diajarkan, misalnya metode permainan. d. Cara untuk menumbuhkan semangat siswa dalam belajar yaitu : 1) Guru memberikan uji konsentrasi kepada siswa berupa tepuk tangan bersama-sama, yel-yel, atau menyanyikan lagu bersama-sama. 2) Penggunaan metode yang berbeda-beda. 3) Motivasi yang tinggi dalam diri siswa. 2. Faktor Pendukung dan Penghambat Metode Pembelajaran Permainan (Games) dalam Menumbuhkan Semangat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqh di MTs. Nurul Hidayah Cehkonceh Birem Tambelangan Sampang. a. Faktor pendukung untuk menumbuhkan semangat siswa dalam belajar terdiri dari dua faktor yaitu : 1) Faktor internal; motivasi yang kuat untuk memahami pelajaran. 2) Faktor eksternal ; semangat guru dalam mengajar, media yang sudah lengkap, dsb.b. Faktor penghambat untuk menumbuhkan semangat siswa dalam belajar terdiri dari dua faktor yaitu : 1) Faktor internal adalah; kesadaran siswa masih kurang untuk belajar. 2) Faktor eksternal; latar belakang keluarga yang berbeda-beda sehingga membentuk karakter siswa yang memiliki dampat terhadap kognitif dan semangat siswa dalam belajar. c. Solusi dari adanya dua faktor penghambat yang ditemukan di dalam kelas yaitu : 1) kurangnya kesadaran siswa dalam belajar, solusinya yaitu guru memberikan arahan, penjelasan, dan nasehat yang membangun semangat siswa dalam belajar. 2) Latar belakang siswa yang berbeda- beda sehingga membentuk karakter dan kognitif yang berbeda-beda, solusinya yaitu dengan memberikan pengertian kepada siswa bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing dengan kekurangan dan kelebihan tersebut siswa dibagi menjadi beberapa kelompok agar siswa bisa menampilkan kelebihan mereka masing-masing dan saling menutupi kekurangan diantara mereka.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m71F ?? ?? m_014 ?? ?? m_028 ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Fatimah Aria Utami |
Date Deposited: | 24 Mar 2021 03:29 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 03:29 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1160 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |