Peran Guru Dalam Meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Quran Hadist Kelas V di MI Miftahul Anwar

Lafifah, Layvi (2020) Peran Guru Dalam Meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Quran Hadist Kelas V di MI Miftahul Anwar. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL-dikonversi.pdf

Download (70kB)
[img] Text
halaman persetujuan.pdf

Download (34kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (48kB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI-dikonversi.pdf

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR IS1-dikonversi.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB II-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB III-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
BAB IV-dikonversi.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB V-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN-dikonversi.pdf

Download (162kB)
[img] Text
pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (142kB)

Abstract

Kata Kunci : Prestasi pembelajaran Al-Qur’an Hadits Prestasi belajar merupakan tingkat kemanusiaan yang memiliki siswa dalam menerima, menolak dan menilai informasi-informasi yang diperoleh dalam proses belajar mengajar. Prestasi belajar seseorang sesuai dengan tingkat keberhasilan sesuatu dalam mempelajari materi pelajaran yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau raport setiap bidang studi telah mengalami proses belajar mengajar. Prestasi belajar siswa dapat diketahui setelah diadakan evaluasi. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama,Bagaimana Peran Guru Dalam Meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Quran Hadist Kelas V di MI Miftahul Anwar; kedua, Apa sajakah faktor pendukung Peran Guru Dalam Meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Quran Hadist Kelas V di MI Miftahul Anwar; ketiga, apa saja faktor penghambat Peran Guru Dalam Meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Quran Hadist Kelas V di MI Miftahul Anwar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini data primer dan sekunder, dengan objek penelitian di MI Miftahul Anwar dengan informan yang diwawancarai adalah kepala sekolah, guru Al-Qur’an Hadits kelas V dan siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama,Peran guru adalah seseorang yang memberikan ilmu di MI Miftahul Anwar seperti Peran Guru didalam Kelas; 1) Guru seabagai pengajar lebih menekankan pada tugas contohnya guru memberikan pengajaran didalam kelas mengenai mata pelajaran Al-Qur’an Hadits 2)Guru sebagai pembimbing, guru melakukan kegiatan membimbing yaiu membantu murid yang mengalami kesulitan saat pembelajaran. 3) Guru sebagai pengelola kelas hendaknya mampu mengelola kelas sebagai lingkungan belajar yang kondusif didalam kelas agar siswanya tidak ramai saat pembelajaran berlangsung 4) Guru sebagai penasehat, guru itu adalah seorang penasehat bagi peserta didik juga bagi orang tua.seperti halnya guru memberikan nasehat terhadap siswanya agar siswanya tidak nakal didalam kelas. Kedua, ada beberapa faktor pendukung dalam peran guru dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yaitu; 1) Adanya ekstrakurikuler keagamaan (tahfid). 2) Dengan adanya kerjasama dari wali kelas. 3) SDM guru yang memadai. Ketiga, ada beberapa faktor penghambat dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yaitu; 1) Adanya lingkungan yang kurang mendukung terhadap siswa. 2) Kurangnya fasilitas belajar seperti (buku siswa). 3) siswa yang tidak kondusif ketika guru menjelaskan pembalajaran yang berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 25 Mar 2021 04:45
Last Modified: 25 Mar 2021 04:45
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1199

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item