Penerapan Layanan Klasikal Dengan Teknik Sinektik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Al Ihsan I Jaddung Pragaan Sumenep

Arifah, Arifah (2020) Penerapan Layanan Klasikal Dengan Teknik Sinektik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs. Al Ihsan I Jaddung Pragaan Sumenep. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
a) Arifah_20160701090022_Cover_BKPI.pdf

Download (173kB)
[img] Text
c) Arifah_20160701090022_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_BKPI.pdf

Download (325kB)
[img] Text
d) Arifah_20160701090022_Lembar_Pengesahan_BKPI.pdf

Download (72kB)
[img] Text
e) Arifah_20160701090022_Abstrak_BKPI.pdf

Download (319kB)
[img] Text
f) Arifah_20160701090022_Daftar_Isi_BKPI.pdf

Download (171kB)
[img] Text
g) Arifah_20160701090022_BAB I_BKPI.pdf

Download (318kB)
[img] Text
h) Arifah_20160701090022_BAB II_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
i) Arifah_20160701090022_BAB III_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
j) Arifah_20160701090022_BAB IV_BKPI.pdf

Download (832kB)
[img] Text
k) Arifah_20160701090022_BAB V_BKPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
l)Arifah_20160701090022_Daftar_Pustaka_BKPI.pdf

Download (291kB)
[img] Text
b) Arifah_20160701090022_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_BKPI.pdf

Download (169kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kejadian di lapangan khususnya pada motivasi belajar siswa perlu untuk mendapatkan perhatian khusus. Akan tetapi pada realitanya banyak sekali siswa yang memiliki masalah dengan motivasi belajar tersebut, hal ini dapat ditemukan di lingkungan sekolah mereka, sedangkan guru BK di sekolah tersebut kurang memperhatikan masalah yang dialami oleh siswa berkaitan dengan motivasi belajar siswa. Salah satunya yakni siswa kelas VIII di MTs. Al Ihsan I yang memiliki motivasi yang rendah. Maka dari itu di perlukan layanan bimbingan dan konseling dari peneliti yang dibantu oleh guru BK. Layanan ini berupa layanan klasikal dengan teknik sinektik. Dengan teknik ini siswa dilatih untuk bisa meningkatkan motivasi belajarnya agar dapat mencapai perubahan yang lebih baik dalam mencapai tujuan belajarnya. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yakni: Pertama Seperti apa motivasi belajar siswa di kelas VIII MTs. Al Ihsan I Jaddung Pragaan Sumenep, Kedua Bagaimana pelaksanaa penerapan layanan klasikal dengan teknik sinektik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII MTs. Al Ihsan I Jaddung Pragaan Sumenep, ketiga apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan teknik sinektik dalam layanan klasikal untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII MTs, Al Ihsan I jaddung Pragaan Sumenep Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Dan Konseling. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti diantaranya wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Lalu dalam proses pengecekan keabsahan data hasil penelitian melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dalam proses pengamatan, dan terakhir melalui triangulasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pertama, motivasi belajar siswa kelas VIII rendah dikarenakan terdapat beberapa siswa kurang bersemangat bahkan dalam proses pembelajaran, beberapa siswa menunjukkan gejala-gejala yang menunjukkan bahwa dirinya tidak memiliki motivasi dalam belajarnya seperti tidak memiliki target dalam belajarnya, tidak memiliki cita-cita atau tujuan pasca pendidikan serta adanya pemikiran asal lulus saja. Kedua penerapan layanan klasikal dengan teknik sinektik mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dengan hasil 3 siswa mengalami peningkatan dan 1 siswa yang masih belum mampu meningkatkan motivasi belajarnya lebih baik. Ketiga faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan teknik sinektik dalam layanan klasikal untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu siswa yang terbiasa dengan metode ekspositori menjadi kurang tertarik. Faktor pendukung adalah suasana kelas kondusif, siswa antusias dan bersemangat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m20B ??
?? m71G ??
?? m_020 ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs. Fatimah Aria Utami
Date Deposited: 25 Mar 2021 04:38
Last Modified: 25 Mar 2021 04:38
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1207

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item