Implementasi Penggunaan Media Panggung Boneka Tangan Pada Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas II SDN Teja Timur 4 Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan

Wati, Dewi Retno (2021) Implementasi Penggunaan Media Panggung Boneka Tangan Pada Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas II SDN Teja Timur 4 Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Dewi Retno Wati_20170701052014_Cover_PGMI.pdf

Download (56kB)
[img] Text
Dewi Retno Wati_20170701052014_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (255kB)
[img] Text
Dewi Retno Wati_20170701052014_Lembar_Pengesahan_PGMI.pdf

Download (177kB)
[img] Text
Dewi Retno Wati_20170701052014_Abstrak_PGMI.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Dewi Retno Wati_20170701052014_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Dewi Retno Wati_20170701052014_Bab I_PGMI.pdf

Download (532kB)
[img] Text
Dewi Retno Wati_20170701052014_Bab II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
Dewi Retno Wati_20170701052014_Bab III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
Dewi Retno Wati_20170701052014_Bab IV_PGMI.pdf

Download (402kB)
[img] Text
Dewi Retno Wati_20170701052014_Bab V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
Dewi Retno Wati_20170701052014_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (262kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN bermaterai...pdf

Download (106kB)

Abstract

Kata Kunci : Media Panggung Boneka Tangan, Keterampilan Menyimak Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menyebabkan kemampuan menyimak pada siswa kelas II rendah. Dimana media pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi guru maupun siswa agar lebih mudah untuk menyampaikan ataupun menerima materi pembelajaran. Media pembelajaran perlu dibuat semenarik mungkin untuk membantu mengoptimalkan kemampuan berpikir siswa. Media yang diharapkan menarik ini yaitu panggung boneka tangan. Berkaitan dengan kegiatan menyimak, media ini sangat diperlukan untuk memperjelas pemahaman siswa terhadap pesan/informasi yang disampaikan oleh guru. Berdasarkan hal tersebut maka ada tiga fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: pertama Bagaimana kemampuan siswa kelas II SDN Teja Timur 4 Kabupaten Pamekasanpada keterampilan menyimak ceritasebelum penggunaan media panggung boneka tangan? Kedua Bagaimana implementasi penggunaan media panggung boneka tangan yang dikhususkan untuk siswa kelas II SDN Teja Timur 4 Kabupaten Pamekasan dalam menyimak cerita? Ketiga Bagaimana kemampuan siswa kelas II SDN Teja Timur 4 Kabupaten Pamekasan pada keterampilan menyimak cerita setelah penggunaan media panggung boneka tangan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan analisis data melalui 1) pengumpulan data, 2) redukdi data, 3) display data, 4) penarikan kesimpulan. Kemudian seluruh data di cek keabsahannya berdasarkan derajat kepercayaan yang meliputi perpanjangan pengamatan, ket ekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, kemampuan menyimak siswa sebelum penggunaan media panggung boneka tangan, minat siswa pada pembelajaran menyimak cerita masih rendah, siswa cenderung tidak antusias mengikuti pembelajaran menyimak cerita, kurangnya penggunaan media pembelajaran, siswa cenderung tidak bisa mengulang apa yang disampaikan oleh guru, siswa merasa malu apabila disuruh maju menceritakan kembali isi cerita. Kedua, siswa yang merasa senang dan sangat antusias menyimak cerita, selama pelaksanaan penggunaan media panggung boneka tangan, minat siswa dalam pembelajaran menyimak cerita meningkat saat digunakannya media pembelajaran, siswa merasa senang bisa belajar sambil bermain. Ketiga, kemampuan menyimak siswa setelah penggunaan media panggung boneka tangan, keberanian siswa dalam menjawab pertanyaan mulai terlihat dimana siswa yang awalnya pasif menjadi aktif, media pembelajaran berupa alat peraga dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71F ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 03 May 2021 03:48
Last Modified: 03 May 2021 03:48
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1280

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item