Ursilawati, Dewi (2020) Model Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di MAN 2 Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Dewi Ursilawati_ 20160701040053_ Cover_MPI.pdf..pdf Download (86kB) |
|
Text
Dewi Ursilawati_ 20160701040053_ Lembar_Persetujuan_PembimbingMPI.pdf.pdf Download (120kB) |
|
Text
Dewi Ursilawati_ 20160701040053_ Lembar_Pengesahan_MPI.pdf.pdf Download (171kB) |
|
Text
Dewi Ursilawati_ 20160701040053_ Abstrak_MPI.pdf Download (79kB) |
|
Text
Dewi Ursilawati_ 20160701040053_ Daftar_Isi_MPI.pdf Download (11kB) |
|
Text
Dewi Ursilawati_ 20160701040053_BAB I_MPI_pdf.pdf Download (227kB) |
|
Text
Dewi Ursilawati_ 20160701040053_BAB II_MPI_pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
|
Text
Dewi Ursilawati_ 20160701040053_BAB III_MPI_pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
|
Text
Dewi Ursilawati_ 20160701040053_BAB IV_MPI.pdf Download (610kB) |
|
Text
Dewi Ursilawati_ 20160701040053_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
Dewi Ursilawati_ 20160701040053_ Daftar_Pustaka_MPI.pdf Download (1MB) |
|
Text
Dewi Ursilawati_ 20160701040053_ Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_MPI.pdf.pdf Download (190kB) |
Abstract
Model kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompentensi guru merupakan cara atau metode yang digunakan oleh seorang pemimpin dalam menjalankan kepemimpinannya sebagai seorang kepala madrasah untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki oleh seorang guru agar menghasilkan lulusan yang terbaik. Berdasarkan hal tersebut maka ada dua fokus penelitian yang menjadi pokok yaitu : 1) Bagaimana model kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru di MAN 2 Pamekasan. 2) Bagaimana respon guru terhadap kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru di MAN 2 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis diskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Kemudian data tersebut di analisis dengan analisis data melalui 1. Reduksi 2. Display data (penyajian data) 3. Penarikan kesimpulan (verification). Kemudian seluruh data dicek keabsahannya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, model kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru di MAN 2 Pamekasanyaitu: model kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru di MAN 2 Pamekasan yaitu model situasional, sesuai dengan kondisi yang ada dilembaga kepala madrasah memberi motivasi dan dorongan kepada guru, model partisipatif kepala madrasah melakukan sharing dengan beberapa guru, model demokratif dalam menyelesaikan setiap masalah kepala madrasah lebih mengutamakan musyawarah bersama guru-guru, dari model tersebut dalam meningkatkan kompetensi pedagogik sebagian besar para guru dalam memberikan pembelajaran sudah menggunakan komputer, kompetensi kepribadian hampir semua guru yang ada sudah bisa menjadi teladan yang baik, kompetensi sosial para guru bergaul secara santun dengan semua Sdm yang ada di MAN 2 diterapkan 3S yaitu senyum salam sapa, dan kompetensi profesional para guru sudah disiplin dalam menjalankan tugasnya. Upaya meningkatkan kompetensi guru diantaranya dilakukan supervisi, diikutsertakan diklat atau pelatihan, dibentuk MGMP dan mengadakan rapat bulanan. Kedua, respon guru terhadap model kepemimpinan kepala madrasah secara keseluruhan responnya sangat baik karena kepala sekolah tidak menunjukkan sikap otoriter atau semaunya sendiri tetapi memberikan kesempatan kepada guru dan karyawan lain untuk memberi pertanyaan dan memberikan pendapat dan dalam pengambilan keputusan dengan cara musyawarah. Dari model yang digunakan oleh kepala madrasah sudah dapat meningkatkan kompetensi guru yang mana guru sudahvi bisa memberikan pembelajaran dengan IT, sudah menjadi menerapkan sikap yang barakhlaq baik, dan dapat bergaul secara santun, dan disiplin dalam menjalankan semua tugasnnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 14 Aug 2020 05:43 |
Last Modified: | 27 Dec 2022 02:04 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/130 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |