Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di SDIT Multazam

Fitriana, Dwi Indah (2021) Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di SDIT Multazam. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Dwi Indah Fitriana_20170701052015_cover_PGMI.pdf

Download (28kB)
[img] Text
Dwi Indah Fitriana_20170701052015_Lembar Persetujuan Pembimbing_PGMI.pdf

Download (60kB)
[img] Text
Dwi Indah Fitriana_20170701052015_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Dwi Indah Fitriana_20170701052015_Abstrak_PGMI.docx

Download (11kB)
[img] Text
Dwi Indah Fitriana_20170701052015_DAFTAR ISI_PGMI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Dwi Indah Fitriana_20170701052015_BAB I_PGMI.pdf

Download (57kB)
[img] Text
Dwi Indah Fitriana_20170701052015_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
Dwi Indah Fitriana_20170701052015_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] Text
Dwi Indah Fitriana_20170701052015_BAB IV_PGMI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
Dwi Indah Fitriana_20170701052015_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
Dwi Indah Fitriana_20170701052015_DAFTAR RUJUKAN-PGMI.pdf

Download (28kB)
[img] Text
Dwi Indah Fitriana_20170701052015_Surat Pernyataan Keaslian Tulisan dan Persetujuan Publikasi_PGMI.pdf

Download (117kB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi, Guru PAI, Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam. Dalam kehidupan sosial kemanusiaan Pendidikan Agama Islam bukan hanya sekedar proses mentransfer ilmu pengetahuan, akan tetapi Pendidikan Agama Islam juga bertujuan membentuk dan Menanamkan generasi yang berkarakter dan berakhlak mulia. Pendidikan Agama Islam harus sudah ditanamkan mulai sejak sedini mungkin. Karena anak usia dini merupakan usia keemasan, dimana anak lebih suka meniru. Pendidikan Islam sangat penting dalam kehidupan sehar-hari, bukan hanya pendidikan umum saja. Untuk MenanamkanNilai-Nilai Pendidikan Agama Islam diharapkan pendidik harus memiliki Strategi yang tepat agar dalam kegiatan proses belajar mengajar dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam Penelitian ini, yaitu : pertama, BagaimanaStrategi Guru dalam MenanamkanNilai-Nilai Pendidikan AgamaIslam di SDIT Multazam Pamekasan; kedua, Apa saja Nilai-Nilai Pendidikan AgamaIslam yang diterapkan di SDIT Multazam Pamekasan; ketiga, Bagaimana keberhasilan Strategi guru dalam MenanamkanNilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di SDIT Multazam Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, Guru Tahfidz dan Peserta didik. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil Penelitian yang diperoleh adalah: (1) Strategi Guru dalam MenanamkanNilai-Nilai Pendidikan Agama Islam yakni menggunakan pembiasaan, keteladanan, Nasihat, Tsawab (Hukuman). (2) Nilai-Nilai yang diterapkan yakni Nilai Aqidah, Akhlak, dan Syari’ah. (3) Keberhasilan yang diperoleh yakni Peserta didik dapat berubah menjadi lebih baik lagi, sering mencontoh kebiasaan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_014 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 03 May 2021 04:43
Last Modified: 03 May 2021 04:43
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1320

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item