Penerapan Metode One day One Hadits Pada Pembelajaran Hadits Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII di MA Sunan Ampel Kecamatan burneh Kabupaten Bangkalan

Hasanah, Fitriyatul (2021) Penerapan Metode One day One Hadits Pada Pembelajaran Hadits Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII di MA Sunan Ampel Kecamatan burneh Kabupaten Bangkalan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Fitriyatul Hasanah_20170701012046_Cover_PAI.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Fitiryatul Hasanah_20170701012046_Lembar Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Fitiryatul Hasanah_20170701012046_Lembar Pengesahan_PAI.pdf

Download (249kB)
[img] Text
Fitriyatul Hasanah_20170701012046_Abstrak_PAI.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Fitriyatul Hasanah_20170701012046_Datar_Isi_PAI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Fitriyatul Hasanah_20170701012046_BAB I_PAI.pdf

Download (309kB)
[img] Text
Fitriyatul Hasanah_20170701012046_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
Fitriyatul Hasanah_20170701012046_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
Fitriyatul Hasanah_20170701012046_BAB IV_PAI.pdf

Download (395kB)
[img] Text
Fitriyatul Hasanah_20170701012046_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
Fitriyatul Hasanah_20170701012046_Daftar_Pustaka_PAI.pdf

Download (218kB)
[img] Text
Fitriyatul Hasanah_20170701012046_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PAI.pdf

Download (84kB)

Abstract

Kata Kunci : Penerapan Metode One day One Hadits, Hasil Belajar. Dalam proses belajar mengajar perlu adanya strategi maupun metode pembelajaran yang tepat dan cocok untuk diterapkan kepada siswa. Metode sebagai alat untuk menyampaikan materi pelajaran dengan menarik, efektif dan efisien. Metode yang dirasa tepat dan cocok pada pembelajaran hadits yakni metode one day one hadits. Metode ini merupakan metode menghafal yang sama halnya dengan seperti metode One Day One Ayat dimana metode tersebut menerapkan siswa dapat menghafal satu hari satu Ayat. Metode One Day One Hadits ini mengambil dari metode penghafalan Al-Qur’an yang dikembangkan oleh Ustad Yusuf Mansur. Metode one day one hadits yakni cara menghafal hadits dengan satu hari satu hadits. Dengan adanya metode menghafal ini guru mengharapkan siswa lebih meningkatkan hasil belajarnya. Hasil belajar adalah proses untuk melihat sejauh mana siswa dapat menguasai pembelajaran setelah mengikuti proses belajar mengajar. Hasil belajar dapat dilihat dari segi kemampuan intelektual (kognitif), kemampuan minat atau emosi (afektif), dan kemampuan motorik (psikomotorik) pada siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama penerapan metode One Day One Hadits pada pembelajaran hadits dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII di MA Sunan Ampel Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan, kedua manfaat dari penerapan metode One Day One Hadits pada pembelajaran hadits dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII di MA Sunan Ampel Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan, dan ketiga faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode One Day One Hadits pada pembelajaran hadits dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII di MA Sunan Ampel Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian inkuiri naturalistik. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara semi terstruktur, observasi tidak ikut berperan serta dan dokumentasi. Yang menjadi informan adalah kepala sekolah, guru, siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama pelaksanaan penerapan metode one day one hadits pada pembelajaran hadits dengan cara siswa menyetorkan hafalan satu hadits kepada guru. Kedua manfaat dari metode one day one hadits pada pembelajaran hadits dalam meningkatkan hasil belajar siswa dikelas. Siswa lebih aktif saat pembelajaran dan bersemangat dalam belajar. Ketiga faktor pendukung yakni, guru, siswa dan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya yakni dari segi keterbatasan waktu dalam menghafal, sebagian siswa kurangnya minat dan bakat, kurangnya motivasi diri, dan tingkat kecerdasan siswa yang berbeda. Ada sebagian siswa yang merasa kesulitan dalam menghafal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 03 May 2021 04:48
Last Modified: 03 May 2021 04:48
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1331

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item