Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Di SMK Kesehatan Nusantara

Pratama Putri, Anggi (2021) Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Di SMK Kesehatan Nusantara. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Anggi Pratama Putri_20170701092012_Cover_BKPI.pdf.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Anggi Pratama Putri_20170701092012_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_BKPI.pdf.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Anggi Pratama Putri_20170701092012_Lembar_Pengesahan_BKPI.pdf.pdf

Download (323kB)
[img] Text
Anggi Pratama Putri_20170701092012_Abstrak_BKPI.pdf.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Anggi Pratama Putri_20170701092012_Daftar_Isi_BKPI.pdf.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Anggi Pratama Putri_20170701092012_BAB I_BKPI.pdf.pdf

Download (488kB)
[img] Text
Anggi Pratama Putri_20170701092012_BAB II_BKPI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
Anggi Pratama Putri_20170701092012_BAB III_BKPI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
Anggi Pratama Putri_20170701092012_BAB IV_BKPI.pdf.pdf

Download (495kB)
[img] Text
Anggi Pratama Putri_20170701092012_BAB V_BKPI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
Anggi Pratama Putri_20170701092012_Daftar_Pustaka_BKPI.pdf.pdf

Download (281kB)

Abstract

Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Assertive Training, Keterampilan Komunikasi Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya siswa yang memiliki keterampilan komunikasi rendah dimana dia tidak bisa mengungkapkan rasa suka dan rasa tidak senangnya kepada teman dekatnya sendiri, bahkan mereka berada dalam satu kelompok kecil tetapi ia tidak bisa mengungkapkan apa yang sedang dirasakannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah treatment yang diberikan oleh peneliti berupa bimbingan kelompok dengan teknik assertive training dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Ada 2 rumusan masalah yang menjadi kajian dalam penelitian ini, 1) Bagaimana keefektivan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa di SMK Kesehatan Nusantara 2) Apakah ada perubahan yang signifikan pada skor keterampilan komunikasi siswa SMK Kesehatan Nusantara setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen one-group pretestposttest. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala keterampilan komunikasi dan menggunakan wawancara terstruktur sebagai pendukung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji paired sample T-test. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik assertive training efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa kelas XII Keperawatan di SMK Kesehatan Nusantara tahun ajaran 2020- 2021. Dapat dilihat dari nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,014 < 0,05 dan ditunjukkan dari hasil t hitung (2,853) > t tabel (2,16) jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) atau hipotesis diterima. Dari uji paired samples correlations diketahui bahwa nilai korelasi sebesar 0,937 dan hampir mendekati angka 1 yang artinya nilai tersebut membuktikan adanya korelasi yang sangat kuat antara treatment berupa bimbingan kelompok dengan teknik assertive training dalam meningkatkan keterampilan komunikasi. Serta diketahui hasil signifikansi 0,000 yang diperoleh kurang dari 0,05 sehingga dapat diartikan ada perbedaan yang bermakna pada skor keterampilan komunikasi yang dilihat dari nilai pre-test dan post-test. Nilai rata-rata pre-test sebesar 104,07 dan rata-rata nilai post-test sebesar 107,14. Berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada guru BK dan guru mata pelajaran menunjukkan pula bahwa keterampilan komunikasi siswa meningkat setelah dilakukan treatment.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 10 May 2021 05:05
Last Modified: 24 Jan 2023 04:06
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1411

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item