Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur dengan Menggunakan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas VII di MTs Mambaul Ulum Pangarengan Sampang

Ulfah, Mariya (2020) Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur dengan Menggunakan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas VII di MTs Mambaul Ulum Pangarengan Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Mariya Ulfah_20160701070069_Cover_TBIN.pdf

Download (208kB)
[img] Text
c) Mariya Ulfah_20160701070069_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TBIN.pdf

Download (257kB)
[img] Text
d) Mariya Ulfah_20160701070069_Lembar Pengesahan_TBIN.pdf

Download (67kB)
[img] Text
e) Mariya Ulfah_20160701070069_Abstrak_TBIN.pdf

Download (181kB)
[img] Text
g) Mariya Ulfah_20160701070069_BAB I_TBIN.pdf

Download (287kB)
[img] Text
h) Mariya Ulfah_20160701070069_BAB II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
i) Mariya Ulfah_20160701070069_BAB III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
j) Mariya Ulfah_20160701070069_BAB IV_TBIN.pdf

Download (604kB)
[img] Text
k) Mariya Ulfah_20160701070069_BAB V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text
l) Mariya Ulfah_20160701070069_Daftar_Pustaka_TBIN.pdf

Download (294kB)
[img] Text
b) Mariya Ulfah_20160701070069_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_TBIN.pdf

Download (310kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat pembelajaran menulis teks prosedur di MTs Mambaul Ulum Pangarengan Sampang masih kurang. Siswa masih banyak yang mengalami kesulitan, merasa bingung, dan membosankan pada saat proses pembelajaran. Untuk itu, penulis ingin mengetahui upaya meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur dengan menggunakan model discovery learning. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana upaya meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur dengan menggunakan model discovery learning pada siswa kelas VII di MTs Mambaul Ulum Pangarengan Sampang, (2) Bagaimana hasil upaya meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur dengan menggunakan model discovery learning pada siswa kelas VII di MTs Mambaul Ulum Pangarengan Sampang. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui upaya meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur dengan menggunakan model discovery learning, (2) Mengetahui seberapa besar hasil upaya meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur dengan menggunakan model discovery learning. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklus meliputi: perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Informannya adalah Guru Bahasa Indonesia kelas VII, siswa kelas VII, dan sumber data non manusia seperti absensi, RPP, tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model discovery learning terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur pada siswa kelas VII, (2) hasil penilaian pada observasi awal dari 20 siswa semua siswa tidak tuntas, dengan rata-rata 37. Pada tahap siklus I yang tuntas sebanyak 8 siswa dengan persentase 40%, dan yang tidak tuntas sebanyak 12 siswa dengan persentase 60%, dengan rata-rata 57. Dan pada tahap siklus II yang tuntas sebanyak 17 siswa dengan persetase 85%, dan yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa dengan persentase 15%, dengan rata-rata 80. Kenaikan nilai dari prasiklus hingga siklus II mencapai 85%. Dari hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning efektif digunakan pada pembelajaran menulis teks prosedur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71E ??
?? m_071 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Lulu Rif Atin
Date Deposited: 14 Aug 2020 05:53
Last Modified: 14 Aug 2020 05:53
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/146

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item