Analisis Modal Sosial Dalam Pemberdayaan Usaha Aisyah Batik Ecoprint Muallaf Binaan MCI Pamekasan

Amirullah, Robi (2021) Analisis Modal Sosial Dalam Pemberdayaan Usaha Aisyah Batik Ecoprint Muallaf Binaan MCI Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Robi Amirullah_20170703031157_Cover_ES.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Robi Amirullah_20170703031157_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_ES.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Robi Amirullah_20170703031157_Lembar_Pengesahan_ES.pdf

Download (167kB)
[img] Text
Robi Amirullah_20170703031157_Abstrak_ES.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Robi Amirullah_20170703031157_Daftar_Isi_ES.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Robi Amirullah_20170703031157_BAB I_ES.pdf

Download (457kB)
[img] Text
Robi Amirullah_20170703031157_BAB II_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
Robi Amirullah_20170703031157_BAB III_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
Robi Amirullah_20170703031157_BAB IV_ES.pdf

Download (317kB)
[img] Text
Robi Amirullah_20170703031157_BAB V_ES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
Robi Amirullah_20170703031157_Daftar_Pustaka_ES.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Robi Amirullah_20170703031157_Surat_ Pernyataan_Keaslian_Karya_ES.pdf

Download (169kB)

Abstract

Kata Kunci: Modal Sosial, Pemberdayaan. Modal sosial merupakan sumber daya manusia dalam memiliki jaringan sosial. Istilah modal sosial menunjuk pada kapasitas dari individu untuk mendapatkan suatu yang bernilai serta simbol dari hubungan-hubungan sosial kepada keanggotaan kelompok. Bentuk modal sosial muncul dari hubungan hubungan secara individu, keluarga, kelompok, dan komunitas yang merupakan akses yang memperoleh keuntungan bernilai dari sumberdaya Berdasarkan hal tersebut, terdapat dua pembahasan yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana modal sosial pada usaha Aisyah batik ecoprint Binaan MCI Pamekasan; Kedua, Bagaimana penerapan modal sosial dalam pemberdayaan usaha Aisyah Batik Ekoprint. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif atau analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan tiga prosedur pengumpulan data yaitu: wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi informannya adalah direktur, Sukarelawan dan konsumen, untuk menganalisis data, peneliti menggunakan beberapa langkah yaitu, reduksi data yang meliputi pengecekan data dan pengelompokan data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan atau verifikasi data, sedangkan pengecekan keabsahan data di lakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat dan kecukupan refrensial. Dari penelitian ini penulis dapat menyimpulkan bahwa penerapan modal sosial pada usaha Aisyah Batik Ecoprint menerapkan ke tiga poin yang ada dalam konsep modal sosial yaitu: Jaringan, Trus/Kepercayaan, Norma/Nilai. Yang mana jaringan disini bak Aisyah menggunakan relasi yang ada seperti teman, saudara, tetangga, dan juga menggunakan alat bantu seperti sosial media. Trus yang di berikan kepada sukarelawan berupa kepercayaan dalam proses pembuatan motiv ecoprint sendiri dan kepercayaan yang di berikan kepada pembeli berupa pelayanan yang ramah, pengiriman sesuai yang dipesan dan tepat waktu dalam pengiriman barang. Norma/Nilai disini dirasakan oleh para sukarelawan dari kedermawanan bak Aisyah yang sangat baik di berikan terhadapnya dan dirasakan juga bagi pembeli dari segi kualitas barang yang di belinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m_191 ??
?? m_212 ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:59
Last Modified: 10 Jul 2023 07:59
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1487

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item