Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Menunjang Mutu Pembelajaran Siswa di MAS Nurul Wujud Sotabar Pasean Pamekasan

Jarjis, Moh. (2021) Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Menunjang Mutu Pembelajaran Siswa di MAS Nurul Wujud Sotabar Pasean Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (63kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN JARJIS.pdf

Download (120kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (101kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (52kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (55kB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen, Sarana dan Prasarana, Mutu Pembelajaran Siswa. Sarana dan prasarana adalah faktor pendukung terlaksananya progam sekolah, khususnya kegiatan pembelajaran yang digunakan sebagai alat atau penunjang proses pendidikan dilakukan oleh guru untuk mencapai tujuan pendidikan. Disetiap lembaga pendidikan Islam pasti memiliki sarana dan prasarana yang akan digunakan untuk pengoptimakan pembelajaran oleh masing-masing lembaga pendidikan islam atau umum. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana perencanaan pengelolaan sarana prasarana dalam menunjang mutu pembelajaran siswa di MAS Nurul Wujud Sotabar Pasean Pamekasan; 2) Bagaimana pelaksanaan pengelolaan sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran siswa di MAS Nurul Wujud Sotabar Pasean Pamekasan; 3) Bagaimana evaluasi pengelolaan sarana prasarana dalam menunjang mutu pembelajaran siswa di MAS Nurul Wujud Sotabar Pasean Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui penpanjangan keikutsertaan serta triangulasi dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pengelolaan sarana dan prasarana dalam menunjang mutu membelajaran siswa di MAS Nurul Wujud Sotabar Pasean Pamekasan yaitu sebagian besar menyusun serta mengadakan rapat dari seluruh civitas akademik madrasah membahasah cara mengoptimalkan penggunaan sarana dan prasarana yang ada agar bisa digunakan secara efektif dan efisien; 2) Pelaksanaan pengeloaan sarana prasarana dalam menunjang mutu pembelajaran siswa di MAS Nurul Wujud yaitu dari tahap pengadaan sarana prasarana, pengawasan atau pemeliharaan, dan penghapusan sarana dan prasarana pendidikan. Proses pelaksanaan ini dilakukan setelah perencanaan, bahwa pelaksanaan tersebut harus berdasarkan tujuan madrasah, yaitu mengoptimalkan sarana dan prasarana kepada siswa; 3) Evaluasi pengelolaan sarana prasarana dalam menunjang mutu pembelajaran siswa di MAS Nurul Wujud, yaitu bahwa dari tahap pelaksanaan tersebut akan diketahui seberapa besar tingkat keberhasilan penggunaan sarana prasarana berbasis Islam, jika diketahui tidak atau belum berhasil mencapai target maka madrasah perlu mengevaluasi atau merancang kembali sampai proses pelaksanaan tersebut mencapai target keberhasilan mutu pembelajaran siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m71H ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:30
Last Modified: 10 Jul 2023 04:30
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1569

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item