Imami, Qoriatul (2021) Efektifitas Teknik Role Playing Untuk meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di SMPN 3 Pademawu Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
A) QORIATUL IMAMI_20170701092086_ COVER_ BKPI.pdf Download (144kB) |
|
Text
C) QORIATUL IMAMI_20170701092086_HALAMAN_PERSETUJUAN_BKPI.pdf Download (95kB) |
|
Text
D) QORIATUL IMAMI_ 20170701092086_ HALAMAN PENGESAHAN_BKPI.pdf Download (237kB) |
|
Text
E) QORIATUL IMAMI_ 20170701092086_ABSTRAK_BKPI.pdf Download (394kB) |
|
Text
F) QORIATUL IMAMI_20170701092086_ DAFTAR ISI_BKPI.pdf Download (91kB) |
|
Text
G) QORIATUL IMAMI_ 20170701092086_BAB I_BKPI.pdf Download (181kB) |
|
Text
H) QORIATUL IMAMI_20170701092086_BAB II_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
|
Text
I) QORIATUL IMAMI_ 20170701092086_ BAB III_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
|
Text
J) QORIATUL IMAMI_ 20170701092086_ BAB IV_BKPI.pdf Download (255kB) |
|
Text
K) QORIATUL IMAMI_20170701092086_BAB V_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
Text
L) QORIATUL IMAMI_ 20170701092086_ DAFTAR RUJUKAN_ BKPI.pdf Download (106kB) |
|
Text
b) QORIATUL IMAMI_ 20170701092086_ PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_ BKPI.pdf Download (307kB) |
Abstract
Kata Kunci: Teknik Role Playing, Kepercayaan Diri. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti saat melaksanakan wawancara kepada guru BK SMPN 3 Pademawu. Menurutnya, permasalahan yang sering terjadi kepada siswa adalah kurangnya percaya diri yang disebabkan karena kurangnya kemampuan penyesuaian diri siswa terhadap lingkungan sekolah. Ketidakmampuan penyesuaian diri ini berdampak pada kepercayaan diri siswa di dalam kelas, siswa kurang yakin akan kemampuan pribadinya, siswa belum yakin dapat mengerjakan tugas dengan baik, siswa masih belum lancar ketika berbicara di depan kelas, selalu merasa bahwa kemampuannya lebih rendah daripada peserta didik yang lain, dan masih takut untuk bertanya kepada guru. Permasalahan ini dapat dibantu dengan Teknik Role Play yang bertujuan untuk membantu individu memahami dirinya sendiri dan melakukan perubahan dalam dirinya. Sehingga judul dalam penelitian ini adalah “Efektivitas Teknik Role Playing untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMPN 3 Pademawu Pamekasan”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini, adalah: 1) Apakah teknik Role Playing efektif dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa?, 2) Seberapa besar perbedaan skor kepercayaan diri siswa antara sebelum dan sesudah diberikan teknik Role Playing pada siswa di SMPN 3 Pademawu Pamekasan? Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan jenis penelitian design pre experimental. Bentuk rancanangan penelitian ini adalah one group pre test-post test, yaitu pengukuran di awal dan di akhir. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket kepercayaan diri yang diberikan kepada sampel dengan teknik purposive sampling (Sampel bertujuan). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B sesuai dengan rekomendasi guru BK yang ada di sekolah. Teknik analisa dalam penelitian ini menggunakan analisis non parametrik dengan analisa wilcoxon. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Teknik Role playing efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa, 2) terdaat perbedaan kepercayaan diri siswa sebelum dan sesudah diberikan teknik Role playing yaitu rata-rata hasil pre test 62,17 dan hasil post test 77,7. Berdasarkan hasil uji analisis wilcoxon diperoleh nilai signifikansi 0,027 < 0,05 (taraf kesalahan 5%) dan nilai Z 2,214 > 1,645 (Zhitung > Ztabel). Sehingga Ha dalam penelitian ini diterima, hal ini dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengann teknik Role Playing efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMPN 3 Pademawu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m_075 ?? ?? m_133 ?? ?? m_196 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 02:57 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 02:57 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1616 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |