Pengaruh Penerapan Program Kegiatan Literasi Pojok Baca terhadap Pembentukan Motivasi Belajar Siswa di SDN Tobungan 2 Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan

Fausi, Moh. (2021) Pengaruh Penerapan Program Kegiatan Literasi Pojok Baca terhadap Pembentukan Motivasi Belajar Siswa di SDN Tobungan 2 Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Moh. Fausi_20170701051046_Cover_PGMI.pdf

Download (61kB)
[img] Text
c) Moh. Fausi_20190701051046_Halaman_Persetujuan_PGMI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
d)Moh. Fausi_20170701051046_Lembar_Pengesahan_PGMI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
e) Moh. Fausi_20170701051046_Abstrak_PGMI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
f) Moh. Fausi_20170701051046_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (37kB)
[img] Text
g) Moh. Fausi_20170701051046_BAB I_PGMI.pdf

Download (251kB)
[img] Text
h) Moh. Fausi_20170701051046_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text
i) Moh. Fausi_20170701051046_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
j) Moh. Fausi_20170701051046_BAB IV_PGMI.pdf

Download (391kB)
[img] Text
k) Moh. Fausi_20170701051046_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] Text
l) Moh. Fausi_20170701051046_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (148kB)
[img] Text
b) Moh. Fausi_ 20170701051046_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_PGMI.pdf

Download (56kB)

Abstract

Kata Kunci: pojok baca, motivasi, belajar Seiring dengan perkembangan akan zaman yang semakin pesat membuat program-program literasi kini banyak diminati oleh para guru di sekolah-sekolah terutama di sekolah dasar. Sekolah dasar adalah sekolah yang paling tepat untuk menerapkan program literasi karena program literasi harus di tanamkan pada anak sedini mungkin. Salah satunya di implementasikan dengan penerapan program kegiatan rutin seperti halnya pojok baca. pojok baca adalah perpustakaan mini yang memamfaatkan sudut ruang kelas yang berada di bagian belakang pada setiap masing-masing kelas. Di tempat tersebut terdapat beberapa koleksi bukubuku yang biasanya di sesuaikan dengan tingkatan masing-masing kelas seperti buku tentang pendidikan, ilmu pengetahuan, buku-buku fiksi dan beberapa koleksi buku siswa. Salah satu sekolah yang sudah menerapkan program pojok baca yaitu SDN Tobungan 2. Setelah melakukan observasi awal, bahwasannya kegiatan ini sudah menjadi program kegiatan rutinitas yang di lakukan setiap hari di sekolah tersebut. Waktu dan bentuk pelaksanaan program kegiatan literasi ini di lakukan selama lima belas menit setelah bel berbunyi, Sehingga program ini di namakan dengan program literasi pojok baca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengtahui ada tidaknya pengaruh dan juga untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari pelaksanaan program kegiatan literasi pojok baca terhadap pembentukan motivasi belajar siswa di SDN Tobungan 2. Jenis pendekan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuantitatif yang bersifat penelitian korelasi (research correlation). Peneliti menggunakan tekhnik pengumpulan data berupa, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, dan penyebaran koesioner angket. pengumpulan data berupa wawancara didapat informasi dari kepala sekolah mengenai pelaksanaan kegiatan pojok baca. untuk pengumpulan data berupa dokumentasi didapat hasil berupa profil sekolah dll. Pengumpulan data berupa angket untuk menjawab adakah pengaruh literasi pojok baca terhadap motivasi belajar siswa dengan analisis data menggunakan korelasi product moment, yang di lakukan pada sampel 14 responden dengan mengguna tenkhnik pengambilan sampel secara acak ( rondom sampling) didapatkan hasil rhitung sebesar = 0.935 > 0.532 dengan taraf signifikan 5% N = 14. karena rhitung > rtabel, sehingga pelaksanaan program kegiatan literasi pojok baca dinyatakan ada pengaruh, menerima Ha. Sedangkan untuk menjawab seberapa besar pengaruh dari penerapan program kegiatan literasi pojok baca terhadap pembentukan motivasi belajar siswa, peneliti menggunakan uji koefisien determinasi yang menyatakan bahwa pojok baca sebagai variabel X dapat memberikan kontribusi terhadap pemebutkan motivasi belajar siswa sebagai varibel Y sebesar 87%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m20B ??
?? m71F ??
?? m_048 ??
?? m_177 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 06 Oct 2021 07:54
Last Modified: 06 Oct 2021 07:54
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1644

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item