Anam, Choirul (2021) Pengaruh Pengurangan Jam Pelajran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) terhadap Rasa Nasionalisme Siswa di MI AL-Djufri. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
SAMPUL CHOIRUL ANAM 20160701050014.pdf Download (43kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (94kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (140kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (78kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (127kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (12kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (186kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
|
Text
BAB IV LAPORAN PENELITIAN.pdf Download (611kB) |
|
Text
BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (159kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (124kB) |
|
Text
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (134kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pengurangan Jam Pelajaran PKn, Rasa Nasionalisme. Pendidikan kewarganegaraan (PKn) berupaya mengantarkan warga negara Indonesia menjadi ilmuan yang profesional yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air, menjadi warga negara demokratis yang berkeadaban,yang memiliki daya asing , berdisiplin, dan berpartisipasi aktif dalam membangan kehidupan yang damai berdasarkan sistem nilai pancasila. Pada penelitian ini memfokuskan pada dua permasalahan, yaitu: pertama, Adakah pengaruh peranan pelajaran PKn dalam membetuk rasa nasionalisme siswa di MI Al-Djufri ; kedua, Seberapa besar pengaruh dampak dari pengurangan jam pelajaran PKn terhadap rasa nasionalisme siswa di MI AlDjufri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi. Instrumen data diperoleh melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi serta analisis datanya menggunakan statistic korelasi product moment yang tujuannya untuk mengetahui korelasi antara variabel X dengan variabel Y. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Pengaruh Pengurangan Jam Pelajran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) terhadap Rasa Nasionalisme Siswa di MI AL-Djufri. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis dengan teknik product moment bahwa nilai “r” kerja (0,08) lebih kecil dari “r” tabel baik pada taraf signifikan 5% (0,456) maupun taraf signifikan 1 % (0,575), berdasarkan ketentuan, jika “r” kerja lebih kecil dari “r” tabel, maka tidak ada korelasi signifikan antara Pengurangan Jam Pelajran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) terhadap Rasa Nasionalisme Siswa. Kedua, besar Pengaruh Pengurangan Jam Pelajran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) terhadap Rasa Nasionalisme Siswa adalah sangat rendah. Hal ini berdasarkan hasil interpretasi “r” kerja (0,08) dengan interpretasi nilai “r” berada pada interval 0,000 s/d 0,200 dengan interpretasi sangat rendah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 06 Oct 2021 07:53 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 02:39 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1646 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |