Urgensi Penggunaan Metode Instruksional Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI Di SMAN 3 Pamekasan

Fadholi, Ali Nizar (2021) Urgensi Penggunaan Metode Instruksional Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI Di SMAN 3 Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
ALI NIZAR FADHOLI 20170701011020 SAMPUL.pdf

Download (200kB)
[img] Text
ALI NIZAR FADHOLI 20170701011020HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (288kB)
[img] Text
ALI NIZAR FADHOLI2017070101Halaman Pengesahan .pdf

Download (72kB)
[img] Text
ALI NIZAR FADHOLI ABSTRAK -1.docx

Download (11kB)
[img] Text
ALI NIZAR FADHOLI 20170701011020DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
ALI NIZAR FADHOLI 20170701011020BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (424kB)
[img] Text
ALI NIZAR FADHOLI20170701011020BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text
ALI NIZAR FADHOLI201707010110B III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
BAB IV PAPARAN DATA, TEMUAN PENELITIAN DAN PEMBAHASAN(1).pdf

Download (796kB)
[img] Text
ALI NIZAR FADHOLI 20170701011020BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
ALI NIZAR FADHOLI 20170701011020DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (302kB)
[img] Text
ALI NIZAR FADHOLI 20170701011020 keaslian tulisan .pdf

Download (63kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Intruksional, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di SMA Negeri 3 Pamekasan dimana terdapat beberapa siswa yang mengalami berkurangnya minat dalam mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan fenomena tersebut guru pendidikan agama Islam berinisiatif dengan menggunakan metodeintruksionaluntuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam agar proses pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien. Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana tahapan penggunaan metode instruksional dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Kelas XI SMAN 3 PamekasanKedua, Apa saja kelebihan dan kekuranganpenggunaan metode instruksional dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam Kelas XI SMAN 3 Pamekasan Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama,Tahapanpenggunaan metode instruksional dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Kelas XI SMAN 3 Pamekasanialah a). Guru terlebih dahulu menyusun pokok-pokok bahasan yang akan disampaikan kepada siswa b). Guru menyebutkan karakteristik yang berhubungan dengan rancangan belajar siswa terhadap materi pelajaran pendidikan agama Islam c). Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh setiap siswa d). Guru membuat kisi-kisi pelajaran terhadap materi pendidikan agama Islam kemudian disampaiakan kepada siswa e). Guru menguji kemampuan awal yang dimiliki oleh setiap siswa f). Guru menentukan bahan pelajaran yang dibutukan pada saat proses pembeajaran pendidikan agama Islam seperti buku-buku yang ada di perpustakaan g). Guru juga memfasilitasi hal-hal yang dibutuhkan oleh siswa h). Gurumelakukan evaluasi hasil belajar. Kedua,Kelebihan dan kekurangan penggunaan metode instruksional ialah a). kelebihan metode pembelajaran intruksional ialah siswa lebih semangat dan antusias atau aktif dalam mengikuti proses pembelajaran pendidikan agama Islam. b). kekurangan metode pembelajaran intruksional ialah memerlukan banyak tahapan-tahapan yang harus di lakukan oleh guru pendidikan agama Islam sebelum menerapkan metode pembelajaran intruksional ini pada saat proses pembelajaran pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 15 Jul 2021 02:54
Last Modified: 25 Jan 2023 06:58
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1746

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item