Dafiki, Abdullah (2020) Hidden Curriculum Dalam Menunjang Keberhasilan Pendidikan Karakter Siswa di SMP Negeri 2 Larangan Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
SAMPUL .pdf Download (78kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (76kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (100kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (288kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (11kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (181kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (374kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (82kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (105kB) |
Abstract
Kata Kunci: Hidden Curriculum, PendidikanKarakter Hidden Curriculum merupakan serangkaian kegiatan peserta didik yang muncul dari keinginan guru akan tetapi Hidden Curriculum tidak tercantum dalam kurikulum formal tetapi memiliki banyak hal penting bagi kehidupan siswa. Berbagai hal tersebut bersumber dari keadaan keseharian yang tidak dirancang sekolah, seperti nilai keteraturan dan suasana sekolah. Hal-hal tersembunyi ini dapat saja dipelajari oleh siswa, dalam membantu mereka membuat keputusan bagi diri sendiri dan perubahan perilaku mereka. Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: 1). Bagaimana Bentuk Pelaksanaan Hidden Curriculum Dalam Menunjang Keberhasilan Pendidikan Karakter Siswa SMP Negeri 2 LaranganPamekasan. 2). Apa Saja Faktor Pendukung Dan Penghambat Pelaksanaan Hidden Curriculum Dalam Menunjang Keberhasilan Pendidikan Karakter Siswa SMP Negeri 2 LaranganPamekasan. 3). Bagaimana Gambaran Keberhasilan Pelaksanaan Hidden Curriculum Dapat Menunjang Keberhasilan Pendidikan Karakter Siswa di SMP Negeri 2 Larangan Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Bagaimana Bentuk Pelaksanaan Hidden Curriculum dalam Menunjang Keberhasilan Pendidikan Karakter Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Bentuk Pelaksanaan Hidden Curriculum sebagai berikut; 1). Pelaksanaan Hidden Curriculum pada masa pandemi ini sangat menganjurkan dan wajib semua siswa itu mengikuti protokol kesehatan. Jadi mulai dari depan (pintu gerbang) penyambutan harus sesuai dengan protokol kesehatan seperti halnya siswa-siswi wajib memakai masker, cuci tangan dan mejaga jarak. Kedua, Faktor Pendukung dan Penghambat sebagai berikut; 1).Faktor Pendukung; a. Adanya upaya pihak sekolah dalam mengupayakan protokol kesehatan diantaranya; penyediaan wastafel, memberikan satu-persatu masker. 2). FaktorPenghambat; a. Ada sebagian siswa-siswi yang masih melanggar protokol kesehatan karena kurangnya rasa kesadaran diri sendiri akan hal pentingnya mengikuti protokol kesehatan pada masa pandemi ini. Ketiga, Gambaran Keberhasilan sebagai berikut; 1). Meningkatnya rasa kesadaran diri siswa. 2) Munculnya sikap disiplin, kerja keras dan tanggung jawab seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan terutama mengenai anjuran protokol kesehatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2021 02:24 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 07:23 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1755 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |