Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Era Pandemi Covid-19 Di SMPN 4 Pamekasan

Hanafi, Imam (2021) Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Era Pandemi Covid-19 Di SMPN 4 Pamekasan. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
1. SAMPUL.pdf

Download (323kB)
[img] Text
2. Halaman Persetujuan.pdf

Download (253kB)
[img] Text
3. Halaman Pengesahan.pdf

Download (671kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (153kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
8. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (82kB)
[img] Text
9. Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (601kB)

Abstract

Kata Kunci: Media Sosial, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di SMP Negeri 4 Pamekasan ialah salah satu sekolah yang memanfaatkan media sosial Whatsapp sebagai media pembelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan motivasi belajar siswa agar nantinya siswa lebih semangat dalam mengkuti proses pembelajaran pendidikan agama islam dan mampu mengamalkan ajaran-ajaran pendidikan agama islam yang telah didapat ketika proses pembelajaran daring. Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana peran media sosial dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap pelajaran pendidikan agama islam Pada Era Pandemi Covid-19 di SMPN 4 Pamekasan Kedua, Bagaimana motivasi belajar siswa terhadap pelajaran pendidikan agama islam Pada Era Pandemi Covid-19 setelah adanya media sosial di SMPN 4 Pamekasan Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan Reduksi Data, Display Data dan Penarikan Kesimpulan/Verifikasi. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan Pertama, Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Era Pandemi Covid-19 di SMPN 4 Pamekasan ialah semenjak pandemi Covid-19 melanda Indonesia sekolah mengeluarkan kebijakan pembelajaran berbasis daring khusunya pembelajaran pendidikana agama islam dengan memanfatkan media sosial salah satu media sosial yang dimanfatkan dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam ialah WhatsApp karena aplikasi tersebut mudah untuk digunakan baik oleh guru maupun siswa kemudian mengenai faktor pendukungnya ialah kuatnya jaringan akan menentukan suksesnya proses pembelajaran daring ini dan faktor penghambatnya ialah minimnya paket data yang dimiliki oleh guru maupun siswa akan tetapi sekolah memberikan solusi dalam mengatasi hal tersebut deng cara memberikan bantuan paket data dengan menggunakan Dana Bantuan Operasional Sekolah agar proses pembelajaran berbasis daring berjalan dengan efektif dan efisien. Kedua, Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Era Pandemi Covid-19 Setelah Adanya Media Sosial di SMPN 4 Pamekasan ialah Motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa lebih meningkat dibandingkan dengan sebelumnya hal ini dibuktikan banyaknya siswa aktif bertanya ketika proses pembelajaran pendidikan agama islam berlangsung. Dan dampak itu semua ialah nilai hasil siswa dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikaan oleh guru pendidikan agama islam yang didapatkannya sangat memuaskan karena mayoritas nilai siswa tersebut diatas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan oleh SMP Negeri 4 Pamekasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2021 02:34
Last Modified: 25 Jan 2023 07:27
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1756

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item