Pengaruh Lingkungan Pondok Pesantren Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Bettet Pamekasan

Tanjung, Faisal (2021) Pengaruh Lingkungan Pondok Pesantren Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Bettet Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
SAMPUL FAISAL TANJUNG 20160701080033.pdf

Download (11kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN FAISAL TANJUNG 20160701080033.pdf

Download (28kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN FAISAL TANJUNG 20160701080033.pdf

Download (33kB)
[img] Text
ABSTRAK FAISAL TANJUNG 20160701080033.docx

Download (18kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR FAISAL TANJUNG 20160701080033.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR ISI FAISAL TANJUNG 20160701080033.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I FAISAL TANJUNG 20160701080033.pdf

Download (60kB)
[img] Text
BAB II FAISAL TANJUNG 20160701080033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] Text
BAB III FAISAL TANJUNG 20160701080033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
BAB IV FAISAL TANJUNG 20160701080033.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB V FAISAL TANJUNG 20160701080033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN FAISAL TANJUNG 20160701080033.pdf

Download (17kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN FAISAL TANJUNG 20160701080033.pdf

Download (26kB)

Abstract

Kata Kunci: Lingkungan Pondok Pesantren, Prestasi Belajar Pondok pesantren adalah suatu lembaga pendidikan agama Islam yang tumbuh serta diakui oleh masyarakat, dengan sistem asrama (komplek). Santri menerima pendidikan agama melalui sistem pengajian atau madrasah yang sepenuhnya berada di bawah kedaulatan atau leadership seorang atau beberapa kiai dengan ciri-ciri khas yang bersifat kharismatik serta independen dalam segala hal. Suasana pondok pesantren yang nyaman perlu guna untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka fokus penelitian ini yang pertama yaitu Bagaimana pengaruh lingkungan pondok pesantren terhadap peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Bettet Pamekasan, kedua yaitu Seberapa besar pengaruh lingkungan pondok pesantren terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Miftahul Ulum Bettet Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, yaitu dalam penelitian ini yang digunakan merupakan data analisis statistik, sementara sifat dari penelitian ini adalah penelitian korelasi (research correlation). Hasil dari penelitian ini yaitu Lingkungan pesantren cukup berpengaruh secara signifikan terhadap meningkatnya prestasi belajar siswa di bidang IPS, berdasarkan hasil analisis data pada taraf signifikansi, perbandingan antara nilai Sig.(2-tailed) dan ɑ (interval kepercayaan 5%), diperolah sig = 0.000 > ɑ = 0.05, sehingga keputusannya Ho ditolak, yaitu: terdapat pengaruh signifikan antara suasana pondok pesantren terhadap meningkanya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII. Berdasarkan dengan hasil penyebaran kuesioner dan analisis data menggunakan korelasi product moment dengan bantuan program SPSS for Windows Versi 20.0, pada tabel correlations menunjukkan terdapat korelasi cukup rendah antara variabel suasana pondok pesantren dan prestasi belajar siswa, yaitu sebesar 0.537, berada diantara 0,400 - 0,600 pada r table

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m52A ??
?? m71G ??
?? m_020 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 06 Oct 2021 06:56
Last Modified: 06 Oct 2021 06:56
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1774

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item